Penulis Utama : Salsabila Almas Nadhifa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0117092
Tahun : 2021
Judul : Responsivitas Dinas Perdagangan Kota Surakarta dalam Penyediaan Fasilitas Difabel di Pasar Klewer
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0117092
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pada kegiatan uji aksesibilitas terhadap sejumlah fasilitas Pasar Klewer yang dilakukan difabel pasca revitalisasi, ditemukan keluhan dan masukan dari difabel atas fasilitas pasar yang dirasa masih menyulitkan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menilai responsivitas Dinas Perdagangan Kota Surakarta dalam penyediaan fasilitas difabel di Pasar Klewer.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Triangulasi sumber digunakan untuk uji validitas data. Analisis data menggunakan model analisis Miles, Huberman, & Saldana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsivitas Dinas Perdagangan Kota Surakarta dalam penyediaan fasilitas difabel di Pasar Klewer dinilai dengan menganalisis 5 indikator responsivitas dari Agus Dwiyanto: (1) Ada tidaknya keluhan dalam satu tahun terakhir dari difabel. Pada indikator ini tidak ditemukan keluhan selain pada uji aksesibilitas dan pada saat wawancara yang dilakukan penulis. (2) Sikap Dinas Perdagangan dalam merespon keluhan dan masukan dari difabel. Pada indikator  ini, sikap  yang ditunjukkan Dinas Perdagangan  dalam penyediaan fasilitas difabel Pasar Klewer masih kurang responsif; (3) Penggunaan keluhan dan masukan dari difabel sebagai referensi perbaikan di masa datang. Pada indikator ini, penggunaan keluhan dan masukan dari difabel sebagai referensi perbaikan cukup responsif; (3) Tindakan Dinas Perdagangan untuk memberikan kepuasan kepada difabel. Pada indikator ini, tindakan yang dilakukan Dinas Perdagangan untuk memberikan kepuasan pada difabel di Pasar Klewer cukup responsif; (4) Penempatan difabel oleh Dinas Perdagangan dalam sistem perencanaan pembangunan pasar. Pada indikator ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada keterlibatan difabel dalam sistem perencanaan pembangunan Pasar Klewer, sehingga pada indikator ini Dinas Perdagangan kurang responsif.

Kata Kunci: dinas perdagangan, difabel, fasilitas difabel, responsivitas

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP