Penulis Utama : Naja Nusaibah
NIM / NIP : S851808023
×

Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan multimedia pembelajaran pada pokok bahasan segitiga dan segiempat berdasarkan teori van hiele untuk meningkatkan kemampuan berpikir geometris siswa kelas VII SMP di Kabupaten Boyolali yang valid, praktis dan efektif; 2) menguji kemampuan berpikir geometris siswa kelas VII yang menggunakan multimedia pembelajaran berbasis geometri dibandingkan menggunakan sumber belajar yang ada sebelumnya.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Pemilihan sampel menggunakan teknik multistage cluster random sampling dari populasi SMP/sederajat yang ada di Kabupaten Boyolali. Teknik analisis data meliputi uji validitas, kepraktisan, keefektifan dan keampuhan. Uji validitas diukur melalui angket penilaian ahli. Uji kepraktisan diukur melalui angket respon siswa. Uji keefektifan diukur melalui uji perbedaan rerata soal pre-test dan post-test. Uji keampuhan diukur melalui uji perbedaan rerata kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Hasil penelitian ini adalah: 1) Tahap penelitian yang dilakukan yaitu penelitian awal, analisis kebutuhan, studi literatur, pengembangan produk teoritik, validasi pakar, pengembangan prototipe, uji coba skala luas, uji keampuhan produk, serta diseminasi dan implementasi. Tingkat validitas media dipenuhi dengan rerata skor ahli materi dan media sebesar 4,40. Tingkat kepraktisan yang diperoleh 82,549%. Tingkat keefektifan multimedia pembelajaran  dipenuhi dengan uji paired sample t-test diperoleh hasil tobs = 7,60084 dan ttabel = 1,6775 dengan rerata skor pre-test adalah 11,42 dan skor post-test adalah 16,74 sehingga dapat dikatakan bahwa multimedia pembelajaran  yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan geometris siswa. 2) Multimedia pembelajaran  yang dikembangkan terbukti lebih baik daripada produk yang ada sebelumnya. Berdasarkan perhitungan uji keampuhan diperoleh tobs = 9,07424 dan ttabel = 1,645.

×
Penulis Utama : Naja Nusaibah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851808023
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat Berdasarkan Teori van Hiele untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Kelas VII SMP di Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Geometris, Teori van Hiele, Segitiga, Segiempat.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Dra. Sri Subanti, M.Si.
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Budi Usodo, M. Pd.
2. Dr. Laila Fitriana, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.