Penulis Utama : Bimby Haly Irrawan
NIM / NIP : K7117502
×

Bimby Haly Irrawan, K7117502, ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2020/ 2021. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2021.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumen untuk memperoleh data pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 2 Kebumen. Analisis data menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 2 Kebumen telah dilaksanakan dengan baik. Kedua, terdapat keuntungan dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi selama proses pembelajaran matematika di era covid-19, yaitu: (a) jadwal lebih fleksibel, (b) penilaian lebih mudah, (c) siswa tidak perlu pergi ke sekolah, (d) orang tua dapat menemani siswa selama proses pembelajaran, (e) siswa dapat mengakses internet untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, (f) siswa menggunakan ponsel untuk bermain game, ( g) siswa tidak mudah bosan. Ketiga, terdapat beberapa kendala dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 2 Kebumen, yaitu: (a) beberapa siswa tidak memiliki handphone pribadi, (b) matematika sulit dipahami, (c) sulitnya berdiskusi melalui handphone dan diperlukan beberapa upaya untuk mengatasi kendala pembelajaran online menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 2 Kebumen tahun pelajaran 2020/2021.

Hasil kesimpulan ditemukan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 2 Kebumen berjalan dengan baik melalui grup WhatsApp sebagai media penyampaian materi pembelajaran. Proses pembelajaran matematika menggunakan teknologi informasi dan komunikasi pada masa pandemi covid-19 memiliki kelebihan dan menemui kendala yang perlu dipecahkan.

 

×
Penulis Utama : Bimby Haly Irrawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117502
Tahun : 2022
Judul : Analisis Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 2 Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, pembelajaran online
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M. Pd
2. Drs. Ngatman, M.Pd
Penguji : 1. Dra. Tri Saptuti S, M. Pd
2. Drs. Chamdani, M. Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.