Penulis Utama : Arief Purnomo Aji
NIM / NIP : K1317006
×

Arief Purnomo Aji. ANALISIS MUATAN PENALARAN DAN PEMBUKTIAN MATEMATIS PADA BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP ISLAM AL ABIDIN. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Maret 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan penalaran dan pembuktian matematis pada buku teks matematika kelas VIII di SMP Islam Al Abidin. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah jumlah dari muatan penalaran dan pembuktian matematis pada aspek materi dan soal latihan pada buku Cambridge Checkpoint Mathematics Coursebook 8 dan buku Matematika SMP Kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 terbitan Erlangga. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis isi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi peneliti. Teknik analisis data menggunakan tahap analisis Krippendorff yaitu (1) pendefinisian unit, (2) pencatatan/pengkodean, (3) reduksi, (4) penarikan kesimpulan, dan (5) menarasikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemunculan muatan penalaran dan pembuktian pada masing-masing buku berbeda. Ditinjau dari indikator penalaran dan pembuktian pada materi, sebesar 91,67% materi pada buku Cambridge Checkpoint Mathematics Coursebook 8 disajikan lengkap dengan justifikasi dan 67,85% materi pada buku Matematika SMP Kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 terbitan Erlangga disajikan lengkap dengan justifikasi sehingga dapat dikatakan kedua buku sama-sama memberikan kesempatan siswa untuk menalar dan membuktikan melalui membaca justifikasi. Ditinjau indikator penalaran dan pembuktian pada soal latihan, sebanyak 21,62% soal pada buku Cambridge Checkpoint Mathematics Coursebook 8 merupakan soal penalaran dan pembuktian sementara 32,86% soal pada buku Matematika SMP Kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 terbitan Erlangga merupakan soal penalaran dan pembuktian sehingga dapat dikatakan Buku Cambridge Checkpoint Mathematics Coursebook 8 dan Buku Matematika SMP Kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 terbitan Erlangga belum sepenuhnya memberikan kesempatan siswa untuk menalar dan membuktikan melalui pengerjaan soal. Oleh karena itu diperlukan penambahan soal penalaran dan pembuktian matematis untuk meningkatkan tingkat kesempatan belajar siswa.

 

×
Penulis Utama : Arief Purnomo Aji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1317006
Tahun : 2022
Judul : Analisis Muatan Penalaran dan Pembuktian Matematis pada Buku Teks Matematika Kelas VIII di SMP Islam Al Abidin
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Penalaran dan Pembuktian, Analisis isi, Buku Teks Matematika
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si.
2. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si., M.Pd.
Penguji : 1. Sutopo, S.Pd., M.Pd.
2. Arum Nur Wulandari, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.