Penulis Utama : Rida Amalia
NIM / NIP : S841902028
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan bentuk ketidakadilan gender yamg dialami tokoh perempuan dalam novel- novel karya Abidah El Khalieqy;
2) mendeskripsikan nilai pendidikan moral dalam novel- novel karya Abidah El Khalieqy; 3) mendeskripsikan pemanfaatan ketidakadilan gender dan nilai pendidikan moral dalam novel- novel karya Abidah El Khalieqy dengan bahan ajar sastra di Sekolah Menengah Atas.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan topik kasus ketidakadilan gender dan nilai moral dalam novel-novel katrya Abidah El Khalieqy. Sumber data utama penelitian ini adalah kedua novel karya Abidah El Khalieqy yaitu novel Atas Singgasana dan novel Akulah Istri Teroris. Teknik penelitian ini adalah baca catat. Data kemudian dianalisis untuk menjawab rumusan masalah penelitian. Untuk memperkuat data, peneliti juga melakukan wawancara kepada Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Imogiri dan SMA Muhammadiyah 1 Temanggung, selain itu wawancara juga dilakukan dengan siswa SMA kelas XII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik noninteraktif berupa content analysis dan wawancara. Validasi data menggunakan triangulasi teori yaitu buku karya Mansoer Fakih berjudul Analisis Gender dan Transformasi Sosial dan buku Rosemarie Putnam Tong berjudul Feminist Trought: A More Comprehensive Introduction. Penelitian ini juga menggunakan triangulasi sumber data yaitu guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) bentuk ketidakadilan gender yang dialami tokoh perempuan dalam novel- novel karya Abidah El Khalieqy berupa subordinasi, stereotype, marginalisasi, beban kerja, dan kekerasan: 2) nilai nilai pendidikan moral dalam novel- novel karya Abidah El Khalieqy yaitu nuilai moral manusia dengan Tuhan, nilai moral manusia dengan manusia lain, dan nilai moral manusia dengan diri sendiri: 3) pemanfaatan ketidakadilan gender dan nilai pendidikan moral dalam novel- novel karya Abidah El Khalieqy dengan bahan ajar sastra di Sekolah Menengah Atas memenuhi kriteria pemilihan bahan ajar yaitu bahasa, psikologis dan latar belakang budaya. Hasil pemanfaatan berupa bahan ajar modul yang berjudul “Modul Bahasa Indonesia Kelas XII SMA” diharapkan dapat digunakan dan dimanfaatkan guru dan siswa dengan baik.

Kata kunci: ketidakadilan gender, nilai pendidikan moral, SMA.

 

×
Penulis Utama : Rida Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841902028
Tahun : 2021
Judul : Ketidakadilan Gender dan Nilai Pendidikan Moral Dalam Novel-Novel Karya Abidah El Khalieqy dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Sastra di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S841902028
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Dr. Atikah Anindyarini, SS., M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.