Penulis Utama : Cindy Puspitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0817025
Tahun : 2021
Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Petani Terhadap Iuran Pemeliharaan Jaringan Irigasi (Studi Kasus Daerah Irigasi Waduk Gonggang Kabupaten Magetan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0817025
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sumber daya air memiliki peran utama dalam pertanian. Waduk Gonggang dibangun untuk mengatasi kekurangan air irigasi dan memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat sekitar waduk. Salah satu bentuk partisipasi petani pemakai air adalah dalam bentuk iuran secara rutin. Penelitian ini bertujuan mengetahui besarnya iuran yang bersedia dibayarkan petani terhadap pemeliharaan jaringan irigasi melalui pendekatan willingness to pay (WTP) dan mengetahui faktor yang memengaruhi besarnya nilai WTP petani untuk ikut berpartisipasi dalam membayar iuran pemeliharaan jaringan irigasi di daerah irigasi Waduk Gonggang Kabupaten Magetan.
Metode dasar penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode penentuan lokasi penelitian secara purposive dan metode pengambilan sampel secara purposive sampling dengan 114 responden. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode contingent valuation method dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya kesediaan membayar petani untuk iuran pemeliharaan jaringan irigasi di daerah irigasi Waduk Gonggang, Kabupaten Magetan sebesar Rp 90.620,850 untuk tiap hektar tiap sekali masa tanam dengan total kesediaan membayar dalam populasi sebesar Rp 116.188.708 per masa tanam. Kurva willingness to pay menunjukkan slope negatif artinya semakin tinggi nilai willingness to pay maka semakin sedikit yang bersedia membayar. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh positif terhadap kesediaan membayar petani untuk iuran pemeliharaan jaringan irigasi di daerah irigasi Waduk Gonggang meliputi lama pendidikan, luas lahan, pengetahuan mengenai iuran pemeliharaan jaringan irigasi dan status kepemilikan lahan. Sedangkan, faktor yang berpengaruh secara negatif terhadap kesediaan membayar petani adalah jumlah produksi usahatani. Usia dan lokasi lahan tidak memengaruhi kesediaan membayar petani untuk iuran pemeliharaan jaringan irigasi di daerah irigasi Waduk Gonggang, Kabupaten Magetan.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Joko Sutrisno, M.P.
2. Dr. Agr. Sc. Ernoiz Antriyandarti, S.P., M.P., M.Ec.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian