Penulis Utama : Annisa’ Puspaning Ati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4217015
Tahun : 2021
Judul : Analisis Aspek Kohesi Gramatikal dan Leksikal pada Teks Berita Majalah Jaya Baya serta Relevansinya terhadap Bahan Ajar Bahasa Jawa Tingkat SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4217015
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bentuk aspek kohesi dan koherensi yang terdapat pada teks berita majalah Jaya Baya serta relevansinya terhadap bahan ajar Bahasa Jawa tingkat SMA. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian wacana. Data yang digunakan berupa kata, frasa, klausa dan kalimat yang mengandung aspek kohesi dan koherensi pada teks berita majalah Jaya Baya. Sumber data berupa dokumen yaitu teks berita dalam majalah Jaya Baya dan informan yaitu guru mata pelajaran bahasa Jawa, siswa dan ahli bahasa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumen. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan teori. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan induktif dengan 4 tahap besar, meliputi analisis domain, taksonomi, komponensial dan tema budaya. Prosedur penelitian dilakukan dengan tahap persiapan, pelaksanaan dan penyusunan.
    Berdasarkan analisis data yang dilakukan, teks berita dalam majalah Jaya Baya relevan digunakan sebagai bahan ajar di SMA. Bentuk kohesi gramatikal yang ditemukan berupa referensi, subsitusi, elipsis dan konjungsi. Sedangkan bentuk kohesi leksikal yang ditemukan berupa sinonimi, antonimi, hiponimi, repetisi, kolokasi dan ekuivalensi. Selanjutnya, bentuk aspek koherensi yang tidak ditemukan berupa hubungan kelonggaran-hasil dan hubungan aditif non-waktu. Bahasa yang digunakan dalam teks berita tersebut merupakan bahasa keseharian yang mudah dipahami oleh siswa dan sudah sesuai dengan standar (dialek Yogyakarta dan Surakarta).

Kata kunci: kohesi, koherensi, teks berita, bahan ajar

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP