Penulis Utama : Heny Indriastuti Riza Fauzi
NIM / NIP : K4213038
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan aspek kohesi pada berita berbahasa Jawa dalam majalah Panjebar Semangat, (2) mendeskripsikan aspek koherensi pada berita berbahasa Jawa dalam majalah Panjebar Semangat, dan (3) mendeskripsikan relevansinya sebagai bahan ajar bahasa Jawa di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan data tulis berupa berita berbahasa Jawa dalam majalah Panjebar Semangat.  Sumber  data  dalam  penelitian  ini  adalah  dokumen  dan  informan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen dan wawancara.Validitas data berupa triangulasi teori, dan triangulasi data. Analisis data yakni analisis data interaktif yang meliputi empat komponen meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berita berbahasa Jawa dalam majalah  Panjebar  Semangat  sudah  menggunakan  aspek  kohesi  dan  koherensi yang tepat. Kohesi leksikal yang digunakan pada berita berbahasa Jawa dalam majalah Panjebar Semangat yang paling dominan yaitu konjungsi sebanyak 70% dengan jumlah 392 data. Kohesi leksikal yang paling dominan yaitu repetisi sebanyak 39% dengan jumlah 30 data. Koherensi pada berita berbahasa Jawa dalam majalah Panjebar Semangat yang paling dominan adalah pada hubungan sebab-akibat yang menunjukkan persentase sebanyak 41 % dengan jumlah 31 data. Berita berbahasa Jawa dalam majalah Panjebar Semangat sesuai dan layak jika dijadikan sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Jawa di SMP. Kelayakan berita  berbahasa Jawa dalam majalah Panjebar Semangat dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bahan ajar karena sesuai dengan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013, yaitu materi menelaah isi teks wacana berita.

Kata Kunci : kohesi, koherensi, berita berbahasa Jawa, bahan ajar

×
Penulis Utama : Heny Indriastuti Riza Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213038
Tahun : 2017
Judul : Analisis Aspek Kohesi dan Koherensi pada Berita Berbahasa Jawa dalam Majalah Panjebar Semangat Serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Jawa Kelas VIII SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4213038-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S, M.Hum.
2. Drs. Edy Suryanto, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.