Penulis Utama : Eko Sri Cahyono
NIM / NIP : K4217029
×

Penelitian ini dilatarbelakangi atas pentingnya kohesi dan koherensi sangat berperan dalam pembentukan keutuhan dan juga keterpaduan dalam sebuah wacana. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini yaitu, bagaimana penggunaan aspek kohesi dan koherensi pada berita berbahasa Jawa dalam tabloid Jawacana yang nantinya akan dikontekstualkan sebagai bahan ajar menelaah berita berbahasa untuk siswa kelas X SMK. Sumber data pada penelitian ini diambil dari berita berbahasa Jawa dengan tema kuliner dalam tabloid Jawacana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kohesi dan koherensi yang ada dalam pembentukan berita berbahasa Jawa yang termuat dalam tabloid Jawacana, yang nantinya hasil dari penelitian akan dijadikan sebagai bahan ajar menelaah berita berbahasa untuk siswa kelas X SMK.
Bentuk penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini berupa data tertulis yang berupa kata, frasa, klausa dan kalimat yang mengandung aspek kohesi dan koherensi pada berita berita berbahasa Jawa yang termuat dalam tabloid Jawacana. Sumber data yang digunakan berupa dokumen yaitu, berita berbahasa Jawa yang termuat dalam tabloid Jawacana dan informan yaitu guru mata pelajaran bahasa Jawa, siswa dan ahli bahasa. Uji Validitas data diperoleh melalui triangulasi data dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada berita berbahasa Jawa dalam tabloid Jawacana telah menggunakan kohesi dan koherensi dengan baik sehingga wacana yang disajikan tersusun secara kohesif dan koheren. Tabloid Jawacana memenuhi kriteria bahan ajar yang dikontekstualkan dengan pembelajaran bahasa Jawa SMK di Yogyakarta dan berita berbahasa Jawa dalam tabloid Jawacana ditinjau dari aspek kohesi dan koherensi dapat digunakan sebagai bahan ajar menelaah berita berbahasa Jawa Kelas X SMK.

Kata kunci: kohesi dan koherensi, Jawacana, bahan ajar, SMK.

 

×
Penulis Utama : Eko Sri Cahyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4217029
Tahun : 2021
Judul : Analisis Aspek Kohesi dan Koherensi pada Berita Berbahasa Jawa dalam Tabloid Jawacana Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Menelaah Teks Berita Bahasa Jawa Kelas X SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4217029
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S, M.Pd.
2. Rahmat, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.