Penulis Utama : Rahayu Nur Istiana
NIM / NIP : S442008005
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk kearifan lokal dalam cerita rakyat Kabupaten Karanganyar, (2) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Kabupaten Karanganyar, dan (3) mendeskripsikan kebermanfaatan cerita rakyat Kabupaten Karanganyar sebagai materi ajar menulis sinopsis pada pembelajaran sastra di kelas XI SMK. Pembahasan cerita rakyat dengan teori kearifan lokal Sibarani dan lima nilai utama pendidikan karakter yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Strategi penelitian adalah studi kasus tunggal dengan analisis isi. Data dalam penelitian berupa kutipan cerita dan sumber data dari dokumen, wawancara, dan observasi. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi data, metode, dan teori. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis mengalir yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil penelitian ditemukan 3 nilai kearifan lokal dalam cerita rakyat Kabupaten Karanganyar yaitu nilai kepemimpinan, tradisi dan kebudayaan, serta sejarah. Nilai kearifan lokal yang dominan dalam Asal Mula Sapta Tirta Pablengan baik dengan tokoh utama Pangeran Sambernyawa ataupun Ajisaka yaitu tradisi dan kebudayaan, dalam Asal Mula Gunung Mengadeg yaitu nilai sejarah, dan dalam Legenda Pangeran Sambernyawa yaitu nilai kepemimpinan. Ditemukan 5 nilai utama dalam keempat cerita rakyat Kabupaten Karanganyar yaitu nilai pendidikan karakter religius, nasionalisme, gotong royong, integritas, dan kemandirian dengan sub nilai yang menyertai. Paling banyak ditemukan yaitu nilai pendidikan karakter religius dengan 7 sub nilai yaitu percaya adanya Tuhan, percaya pada takdir Tuhan, menjalankan ibadah, berserah diri pada Tuhan, peduli sosial, tolong menolong, dan memanfaatkan alam dengan bijak, dalam cerita rakyat Asal Mula Sapta Tirta Pablengan baik dengan tokoh utama Pangeran Sambernyawa ataupun Ajisaka. Cerita Rakyat Kabupaten Karanganyar bermanfaat sebagai materi ajar menulis sinopsis pada pembelajaran sastra di kelas XI SMK. Siswa lebih mudah menuliskan sinopsis cerita rakyat karena berasal dari daerah sendiri. Siswa juga dapat menemukan kearifan lokal dan nilai pendidikan karakter untuk bisa diteladani dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

×
Penulis Utama : Rahayu Nur Istiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S442008005
Tahun : 2022
Judul : Kearifan Lokal dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Kabupaten Karanganyar serta Kebermanfaatannya sebagai Materi Ajar Menulis Sinopsis pada Pembelajaran Sastra di Kelas XI SMK.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : cerita rakyat, kearifan lokal, nilai pendidikan karakter, kebermanfaatan cerita rakyat di SMK
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
2. Dr. Rr. E. Nugraheni Eko W., S.S., M.Hum
Penguji : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum.
2. Dr. Muhammad Rohmadi, S.S. M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.