Penulis Utama : Fajrul Affi Zaidan Al Kannur
NIM / NIP : D0217035
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk dan makna komodifikasi agama Islam dalam konten kampanye pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 yang diunggah melalui akun Instagram @jokowi.amin. Peneliti mengambil pendekatan ekonomi politik dengan menggunakan teori komodifikasi, khususnya komodifikasi isi atau konten untuk menganalisis konten kampanye pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin di Instagram yang mengandung muatan agama sebagai propaganda politik. Penulis memiliki asumsi bahwa politik identitas berbasis agama telah digunakan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai strategi kampanye politik. Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim membuat penggunaan narasi dan simbol agama dalam strategi kampanye terbukti efektif untuk menarik simpati khalayak dan menaikkan elektabilitas politik. Para elit politik semakin sering melakukan praktik komodifikasi dengan menggunakan narasi dan simbol agama Islam dalam kampanye politik termasuk di Pilpres 2019. Permasalahan muncul ketika praktik komodifikasi agama dalam kontestasi politik nyatanya justru menimbulkan berbagai permasalahan di masyarakat seperti situasi yang tidak kondusif, perpecahan dan intoleransi yang membuat hilangnya marwah demokrasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Analisis dilakukan dalam tiga dimensi yaitu teks, praktik wacana, dan praktik sosiokultural.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unggahan konten kampanye pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin mengandung unsur komodifikasi agama Islam. Peneliti menemukan 11 unggahan yang mengandung unsur komodifikasi nilai-nilai keislaman di akun Instagram @jokowi.amin. Dalam dimensi teks peneliti menemukan empat macam bentuk komodifikasi agama Islam yaitu penggunaan istilah keagamaan, atribut keagamaan, ritual keagamaan dan tokoh agama. Pada dimensi praktik wacana peneliti menemukan bahwa penggunaan unsur agama Islam pada proses produksi mempengaruhi tanggapan khalayak pada proses konsumsi teks. Terdapat tiga kelompok masyarakat yang memberikan tanggapan pada unggahan yaitu pendukung pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin, pembenci pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin dan masyarakat netral. Sedangkan pada dimensi sosiokultural peneliti mengungkapkan bahwa menguatnya populisme islam di Indonesia dan situasi yang ada ketika masa kampanye di Pilpres 2019 juga memiliki andil dalam terjadinya praktik komodifikasi agama Islam.

Kata kunci: kampanye politik, komodifikasi konten, komodifikasi agama Islam, analisis wacana kritis, Norman Fairclough

 

×
Penulis Utama : Fajrul Affi Zaidan Al Kannur
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0217035
Tahun : 2021
Judul : Komodifikasi Nilai-Nilai Keislaman pada Pemilihan Umum Presiden 2019 (Studi Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough Tentang Komodifikasi Agama Islam dalam Akun Instagram @jokowi.amin Periode Kampanye September 2018 – April 2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0217035
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Pawito, Ph D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.