Penulis Utama : Adelinta Pristia Defi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231508002
Tahun : 2020
Judul : Pemberitaan Pemilihan Presiden 2019 pada Media Online Analisis Framing Pemberitaan Kampanye Kandidat Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi pada Pilpres Tahun 2019 di Media Online www.kompas.com dan www.republika.co.id Periode Maret hingga April 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Ilmu Komunikasi - S231508002 - 2020
Subyek : PEMILIHAN PRESIDEN, MEDIA ONLINE
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019 yang menarik banyak pihak, tidak hanya media tetapi juga berbagai elemen masyarakat. Penelitian ini terfokus pada artikel yang diberitakan oleh www.kompas.com dan www.republika.co.id. Kompas.com dipilih karena merupakan media yang independen dan memiliki peminatnya sendiri sedangkan republika.co.id dipilih dikarenakan Komisarisnya yaitu Erick Tohir merupakan ketua TKN Jokowi sehingga menimbulkan asumsi bahwa pemberitaannya akan memihak.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana www.kompas.com dan www.republika.co.id dalam membingkai berita terkait dengan pemilihan presiden dan wakilnya. Analisis Framing digunakan sebagai metode di dalam penelitian ini. Analisis yang dipakai adalah analisis framing milik Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kompas.com menampilkan berita yang berimbang dengan menghadirkan beberapa narasumber dari berbagai pihak dalam pemberitaannya. Sedangkan pada republika.co.id pemberitaan tentang pelanggaran dari pihak Jokowi banyak yang tidak ditampilkan, ada beberapa berita pelanggaran yang ditampilkan namun hanya diakhir artikel, sehingga kecurigaan peneliti akan adanya keterlibatan penguasa dalam pemberitaan menjadi lebih kuat.
Kata Kunci: Pemilihan Presiden, Media Online

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Andre Rahmanto, S.Sos., M.Si
2. Drs. Ahmad Adib, M. Hum., Ph. D.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana