Penulis Utama : Laely Rizki Amalia
NIM / NIP : K7118133
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, serta pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 596 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 260 siswa kelas IV di 12 SDN Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo yang diambil secara acak dengan teknik probability sampling jenis cluster random sampling menggunakan bantuan aplikasi Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 25. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan tes. Angket digunakan untuk mengumpulkan data penelitian pada variabel perhatian orang tua dan motivasi belajar, sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data pada variabel hasil belajar matematika. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Analisis data menggunakan uji regresi berganda dan korelasi pearson product moment dengan taraf signifikansi 5% serta menggunakan sumbangan efektif dan relatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2021/2022, dengan nilai thitung 8.228 ? ttabel 1.969 dan nilai rhitung = 0,485 > rtabel (df = 260) = 0,121, serta besar sumbangan efektif sebesar 21.6%; (2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2021/2022, dengan nilai thitung 3.715 ? ttabel 1.969 dan nilai rhitung = 0,288 > rtabel (df = 260) = 0,121, serta besar sumbangan efektif sebesar 5.8%; dan (3) perhatian orang tua dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2021/2022, dengan nilai Fhitung 48.556 > Ftabel 3.031 dan nilai rhitung = 0,524 > rtabel (df = 260) = 0,121, serta besar sumbangan efektif sebesar 27,4%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2021/2022.

×
Penulis Utama : Laely Rizki Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118133
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : perhatian orang tua, motivasi belajar, hasil belajar matematika
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Dr. Moh Salimi, M.Pd.
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M. Pd.
2. Drs. Ngatman, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.