Penulis Utama : Tri Sedya Febrianti
NIM / NIP : K1318076
×

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis GeoGebra Classroom yang valid, praktis, efektif untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada materi fungsi kuadrat kurikulum Sekolah Penggerak. Media pembelajaran interaktif berbasis GeoGebra Classroom yang dikembangkan adalah konten dalam aktivitas Remote Learning Templates for GeoGebra Classroom, dari template kelas tersebut peneliti mengembangkan konten berupa activity from resources, google slides, dan applet. Media pembelajaran interaktif berbasis GeoGebra Classroom merupakan media pembelajaran matematika yang mampu menunjang kegiatan pembelajaran fungsi kuadrat secara kreatif sesuai tuntutan kurikulum terbaru tahun 2021, yaitu kurikulum Sekolah Penggerak dan juga mampu memfasilitasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) maupun Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sesuai kondisi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (desain), (3) development (pengembangan), serta (4) disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Surakarta sebagai salah satu sekolah uji coba penerapan kurikulum Sekolah Penggerak  dengan kelas ujicobanya adalah kelas X. Hasil yang diperoleh adalah %media %pembelajaran interaktif berbasis GeoGebra Classroom yang valid, praktis, efektif serta mampu meningkatkan kreativitas belajar siswa.  Media GeoGebra Classroom dinyatakan valid setelah tidak ada komentar atau saran perbaikan dari para ahli setelah dilakukan rangkaian proses validasi ahli serta skor kevalidan yang diberikan para ahli sesuai ketentuan standar media dikatakan valid. Media GeoGebra Classroom dinyatakan praktis dengan rerata skor dari angket respon guru sebesar 100%, rerata skor angket respon siswa sebesar 78,77%. Media GeoGebra Classroom dinyatakan efektif dengan adanya perbedaan rerata tes hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan kelas eksperimen sebagai kelas dengan rerata tes paling baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Media GeoGebra Classroom dikatakan mampu meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan rerata peningkatan dari pres-test ke post-test sebesar 76%.

 

×
Penulis Utama : Tri Sedya Febrianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1318076
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra Classroom untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas X di SMA Negeri 3 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, GeoGebra Classroom, Fungsi Kuadrat , Kurikulum Sekolah Penggerak.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Farida Nurhasanah, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Triyanto, S.Si., M.Si
2. Henny Ekana Chrisnawati, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.