Penulis Utama : Alberto Awan Saputro
NIM / NIP : K8117002
×

Alberto Awan Saputro. K8117002. IMPLEMENTASI METODE HOME VISIT SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK KELOMPOK A (STUDI KASUS DI TK KRISTEN KERTEN TAHUN AJARAN 2021/2022). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan implementasi metode home visit selama masa pandemi covid-19 pada anak kelompok A di TK Kristen Kerten, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan implementasi metode home visit selama masa pandemi covid-19 pada anak kelompok A di TK Kristen Kerten, (3) Mendeskripsikan kegiatan lanjutan implementasi metode home visit selama masa pandemi covid-19 pada anak kelompok A di TK Kristen Kerten, (4) Mendeskripsikan monitoring & evaluasi implementasi metode home visit selama masa pandemi covid-19 pada anak kelompok A di TK Kristen Kerten. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini meliputi pelaksanaan kegiatan home visit, informan (Guru kelompok A), dan dokumen (RPPM, RPPH, rekaman pembelajaran home visit, rekaman komunikasi pada  Grup Whatsapp). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara semiterstuktur, observasi partisipasif, dan studi dokumen. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis interaktif. 
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, perencanaan home visit dimulai dari mengelompokan anak berdasarkan lokasi tempat tinggal yang berdekatan kemudian dibuat jadwal dan waktu pelaksanaan kegiatan. Informasi terkait pelaksanaan akan dibagikan di Grup Whatsapp. Guru merancang kegiatan home visit secara mendetail ke dalam RPPM dan RPPH. Kedua, pelaksanaan home visit dilakukan sesuai perencanaan yang telah dibuat. Kegiatan dilaksanakan selama 1 jam dan dibagi menjadi kegiatan pembuka, inti dan penutup. Meskipun anak dibentuk kelompok, tetapi pelaksanaan home visit dilakukan sendiri di rumah anak bersama Guru. Ketiga, kegiatan lanjutan home visit dilaksanakan dengan PJJ. Guru akan memberikan detail kegiatan PJJ melalui Grup Whatsapp kemudian Orangtua dapat mendampingi anak untuk melaksanakan kegiatan PJJ. Keempat, monitoring & evaluasi home visit dilakukan untuk memantau pelaksanaan kegiatan pembelajaran agar berjalan lancar. Saat home visit guru akan mencatat detail indikator dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan anak kemudian akan disampaikan kepada orangtua setiap harinya. Sedangkan saat PJJ, guru memonitor kegiatan anak melalui kiriman foto dan video Orangtua yang menunjukan anak melaksanakan kegiatan PJJ. Dengan monitoring tersebut, guru dapat menemukan kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran dan dapat segera diatasi. Hasil monitoring tersebut dijadikan evaluasi untuk merancang kegiatan pembelajaran berikutnya agar berjalan maksimal untuk mencapai tujuan pembelajaran selanjutnya.
Kata kunci: implementasi metode home visit, masa pandemi covid-19, pembelajaran anak usia dini

 

×
Penulis Utama : Alberto Awan Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8117002
Tahun : 2022
Judul : Implementasi Metode Home Visit selama Masa Pandemi Covid-19 pada Anak Kelompok A (Studi Kasus di TK Kristen Kerten Tahun Ajaran 2021/2022)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : implementasi metode home visit, masa pandemi covid-19, pembelajaran anak usia dini
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih M. Pd.
2. Jumiatmoko S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Anayati Rahmawati, S.Psi., Psi., M.A.
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., MA.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.