Penulis Utama : Lina Dwi Yulianti
NIM / NIP : S842002015
×

Keterkaitan hubungan antara lingkungan dan manusia memiliki sebuah tatanan atau budaya yang mengaturnya sendiri, agar manusia dapat menghargai dan menjaga kondisi yang ada di alam. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bentuk kearifan ekologis yang terdapat pada novel Series Mata karya Okky Madasari, (2) Nilai pendidikan karakter peduli lingkungan pada novel Series Mata karya Okky Madasari, (3) Pemanfaatannya kearifan ekologis dan nilai pendidikan karakter peduli lingkungan pada novel Series Mata Karya Okky Madasari dalam pembelajaran sastra di SMP.

Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Data yang ada dalam penelitian ini berupa kata, frasa dan kalimat  yang berupa dialog dan narasi pada novel series Mata karya Okky Madasari. Sumber data dalam penelitian adalah informan guru dan siswa SMP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis dokumen, baca catat, kepustakaan, dan wawancara. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi data, teknik triangulasi sumber, dan teknik triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu dengan mereduksi data, menganalisis, dan menarik kesimpulan. Prosedur penilitian dalam penlitian ini ada tahap pendahuluan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada beberapa hal, yaitu 1) Bentuk kearifan ekologis yang terdapat pada novel series Mata karya Okky Madasari; a) sikap hormat kepada lingkungan dan alam, sikap hormat ini dapat berasal dari kepercayaan-kepercayaan leluhur. Mereka mempercayai bahwa segala sesuatu yang telah di pantang sejak dulu harusalah dijalani dan diikuti. b) prinsip tanggung jawab, pada bagian ini semua yang ada harus melaksanakan tanggung jawab mereka untuk menjaga kehidupan manusia dan alam tetap berjalan secara harmonis dan baik. c) prinsip kasih sayang terhadap alam, pada bagian ini banyak ditemukan dari ketiga novel series Mata ini tentang sebuah kesetaraan dan kebebasan yang sama-sama di miliki oleh manusia dan penghuni lingkungan lainnya. d) prinsip hidup sederhana dan selaras dengan alam, manusia seperti hidup berbaur dan menyatu dengan keadaan yang ada di alam. 2) Nilai pendidikan karakter peduli lingkungan pada novel series Mata karya Okky Madasari; a) nilai menghargai keberadaan alam, nilai ini menganggap bahwa alam memiliki roh dan jiwa sehingga harus dihargai sebagai makhluk ciptaan. b) nilai kearifan dari pemanfaatan alam dan lingkungan, nilai atau tradisi-tradisi yang dilakukan masyarakat dalam memanfaatkan lingkungannya secara tradisional. c) nilai tanggung jawab dalam menjaga alam, nilai tanggung jawab merupakan sebuah tindakan atau gerakan nyata dari masyarakat ketika keberadaan alam mulai terancam. d) nilai kebaikan, nilai kebaikan adalah nilai yang di dapat ketika seseorang menjaga alamnya dengan baik. 3) pemanfaatannya kearifan ekologis dan nilai pendidikan karakter peduli lingkungan pada novel series Mata karya Okky Madasari dalam pembelajaran sastra di SMP yaitu pada Kompetensi Dasar 3.11 dan 4.11. Metode pembelajaran discovery learning dan metode pembelajaran project based learning.  

×
Penulis Utama : Lina Dwi Yulianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S842002015
Tahun : 2022
Judul : Kearifan Ekologis Dalam Novel Series Mata Karya Okky Madasari Sebagai Pembentuk Karakter Peduli Lingkungan dan Pemanfaatanya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kearifan Ekologis, Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan, Novel Series Mata, Pembelajaran Sastra di SMP.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://ijels.com/detail/the-ecological-wisdom-of-melus-tribe-in-the-novel-mata-di-tanah-melus-by-okky-madasari/
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. (EM) Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.
2. Dr. Rr. E. Nugraheni Eko Wardani, S.S., M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.
2. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.