Penulis Utama : Fendy Ridwan Andriyanto
NIM / NIP : S351808011
×

ABSTRAK

 

FENDY RIDWAN ANDRIYANTO. S351808011. TELAAH PERTANGGUNGJAWABAN NOTARIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKTA RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM (RUPS) FIKTIF (Studi Kasus Pt. Anugerah Alam Katingan). Program Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

 

Tujuan penelitian dan penulisan yaitu Untuk mengetahui, menganalisis dan mengkaji mengenai pertimbangan hukum hakim (rasio decidendi) terhadap Akta Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) fiktif yang dibuat oleh notaris pada kasus PT. Anugerah Alam Katingan dan Untuk mengetahui, menganalisis dan mengkaji mengenai implikasi hukum akta rapat umum pemegang saham (RUPS) fiktif terhadap notaris, para pihak dan otensitas akta yang dibuatnya. Metode Penelitian yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yaitu jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yatu penelitian hukum normatif, sifat penelitian yiatu bersifat prespektif, pendekatan penelitian yaitu pendekatan undang-undang (statute appoarch) dan pendekatan kasus (case appoarch) jenis dan sumber data yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, tekik pengumpulan data dengan studi kepustakaan, teknik analisi bahan hukum dengan metode silogisme yang menggunakan pola berpikir deduktif. Hasil Penelitian dalam penelitian ini yaitu pertimbangan hukum hakim (rasio decidendi) terhadap Akta Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) fiktif yang dibuat oleh notaris pada kasus PT. Anugerah Alam Katingan diselesaikan dengan dua jalur yaitu perdata dan pidana, secara perdata pertimbangan hakim sudah sesuai dengan mempertimbangkan alatbukti dan fakta-fakta yang terungkap di persidangan, sementara secara pidana menurut penulis pertimbangan hakim sudah tepat akan tetapi hukuman yang dijatuhkan sangat minim dari ancaman pasal yang dijatuhkan di dalam Pasal 266 KUHP dan implikasi hukum akta rapat umum pemegang saham (RUPS) fiktif terhadap notaris yiatu dari materiil bisa dilakukan tuntutan ganti kerugian, adminsitratitf yaitu akta batal demi hukum dan juga pidana yaitu para pihak dapat dijatuhkan pidana penjara dan juga hukuman dari Ikatan Notaris Indonesia, para pihak dapat melakukan gugatan ke pengadilan dan dinilai oleh majelis hakim dan otensitas akta yang dibuatnya cacat atau batal demi hukum. Simpulan, implikasi dan saran dalam penelitian ini yaitu pertimbangan hakim pada dasarnya sudah baik akan tetapi perlu dilakukan pembenahan terkait dengan penjatuhan putusan dan implikasi kepada para pihak bisa dilaksanakan secara perdata, pidana dan juga otensitas akta yang dibuat menjadi batal demi hukum

 

Kata Kunci: Notaris, Rapat Umum Pemegang Saham, Akta

×
Penulis Utama : Fendy Ridwan Andriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351808011
Tahun : 2022
Judul : Telaah Pertanggungjawaban Notaris dan Implikasinya terhadap Akta Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Fiktif (Studi Kasus PT. Anugerah Alam Katingan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2022
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Notaris, Rapat Umum Pemegang Saham, Akta
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rustamaji, S.H., M.H
2. Dr. Hari Purwadi, S.H., M.Hum
Penguji : 1. Dr. Arief Suryono, S.H., M.H
2. Dr. Rehnalemken Ginting, S.H., M.H
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.