Penulis Utama : Qodry Al Basyir Amir
NIM / NIP : K2518053
×

Qodry Al Basyir Amir. K2518053. ANALISIS PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN FASILITAS BENGKEL PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM SISWA TEKNIK PEMESINAN DI SMKN 1 SAWIT BOYOLALI. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh Adversity Quotient terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran praktikum Teknik Pemesinan di SMKN 1 Sawit Boyolali, (2) Mengetahui pengaruh fasilitas bengkel terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran praktikum Teknik Pemesinan di SMKN 1 Sawit Boyolali, serta (3) Mengetahui pengaruh Adversity Quotient dan fasilitas bengkel terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran praktikum Teknik Pemesinan di SMKN 1 Sawit Boyolali. 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ¬ex-post facto. Sumber data penelitian ini meliputi hasil responden dari kuisioner yang telah diberikan kepada siswa kelas XI dan XII Teknik Pemesinan, dan dokumen  yaitu raport hasil belajar mata pelajaran praktikum (Teknik Pemesinan Bubut, Teknik Pemesinan Frais, dan Teknik Pemesinan Gerinda). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode angket (kuisioner). Teknik uji validitas yang digunakan adalah validasi isi (content validity) dan validasi konstruk (construct validity). Serta dilakukan juga uji realibilitas item angket. Analisis data yang dilakukan meliputi deskriptif data, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis. 

Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, adversity quotient memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajara praktikum dengan hasil persamaan garis regresi Y=66,991+0,127X1 dan hasil uji t sebagai berikut, t_hitung  2,733 lebih besar dari nilai t_tabel 1,66901 (2,733 > 1,66901) pada taraf signifikasi 5% atau p (0,000 < 0 xss=removed> 1,66901) pada taraf signifikasi 5% atau p (0,000 < 0 Y=49,949+0,118X1+0,225X2> 3,15) pada taraf signifikasi 5% atau p (0,000 < 0>

 

×
Penulis Utama : Qodry Al Basyir Amir
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2518053
Tahun : 2022
Judul : Analisis Pengaruh Adversity Quotient dan Fasilitas Bengkel Praktikum terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Praktikum Siswa Teknik Pemesinan di SMKN 1 Sawit Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : adversity quotient, fasilitas bengkel, hasil belajar, SMKN 1 Sawit Boyolali
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Indah Widiastuti, ST., M.Eng.
Penguji : 1. Drs. Ranto, M.T.
2. Ir. Husin Bugis, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.