Penulis Utama : Wulan Aprilia Utami
NIM / NIP : S102002005
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menguji kelayakan e-modul perubahan lingkungan berbasis discovery learning dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis. 2) Menguji keefektifan e-modul perubahan lingkungan berbasis discovery learning dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis.

Penelitian ini adalah penelitian mixed methods yang memadukan dua bentuk penelitian yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Tahap awal pada penelitian ini adalah peneliitian pengembangan e-modul menggunakan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Kemudian dilanjutkan dengan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Non-randomized Control Group, pretest-postest yang digunakan untuk menguji keefektifan dari e-modul yang dikembangkan.. Uji kevalidan dilakukan oleh ahli materi perubahan lingkungan, ahli pengembangan soal, dan ahli pengembangan media pembelajaran pada tahap develop. Uji kepraktisan dinilai oleh pendidik biologi dan peserta didik melalui uji coba terbatas pada tahap develop. Uji keefektifan dilakukan dengan menggunakan metode quasi experiment Desain peneltian yang digunakan adalah Non-randomized Control Group, Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yang mengacu pada kelompok kelas. Kelas yang digunakan dalam uji keefektifan telah diuji sebelumnya menggunakan uji kesetaraan. Analisis keefektifan buku ajar menggunakan n-gain score dan independent sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) E-Modul perubahan lingkungan berbasis discovery learning berlayak digunakan berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, praktisi pendidikan dan peserta didik dengan kategori sangat baik, 2) E-modul perubahan lingkungan berbasis discovery learning efektif memberdayakan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan hasil uji N-gain score diperoleh hasil pada kelas eksperimen sebesar 0,65 dalam kategori sedang dan pada kelas kontrol diperoleh 0,29 dalam kategori rendah. Berdasarkan analisis Uji T diperoleh p-value 0,00 < 0>e-modul perubahan lingkungan berbasis discovery learning.

×
Penulis Utama : Wulan Aprilia Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S102002005
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan E-Modul Perubahan Lingkungan Berbasis Discovery Learning dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, E-Modul, Perubahan Lingkungan, Discovery Learning
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Harlita., S.Si., M.Si.
2. Puguh Karyanto, S.Si., M.Si., Ph.D.
Penguji : 1. Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Baskoro Adi Prayitno, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.