Penulis Utama : Adha Nisfatulsanah
NIM / NIP : K4318001
×

Adha Nisfatulsanah. K4318001. PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DIPADU MEDIA VIDEO ANIMASI. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis ada atau tidak perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penggunaan model discovery learning dipadu video animasi, (2) menganalisis ada atau tidak perbedaan keterampilan proses sains siswa dengan penggunaan model discovery learning dipadu video animasi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan nonequivalent post-test control group design. Populasi yang digunakan yaitu kelas XI MIPA SMA N 1 Surakarta. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampiling, kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan penerapan dengan model discovery learning dipadu media video animasi, sedangkan kelas kontrol dengan model discovery learning. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, serta test tertulis mengenai kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains. Instrumen penelitian terdiri dari soal test kemampuan berpikir kritis, soal test keterampilan proses sains, dan lembar observasi keterlaksanaan sintaks discovery learning. Teknik validasi instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas, sedangkan uji hipotesis  menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan menggunakan model discovery learning dipadu media video animasi dan pada kelas yang hanya menggunakan model discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penggunaan model discovery learning dipadu media video animasi, kategori kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen (80.83) dan kelas kontrol (73.89) yaitu tinggi, (2) terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa dengan penggunaan model discovery learning dipadu media video animasi, kategori keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen yaitu tinggi (70.39) dan kelas kontrol sedang (63.14).

Kata kunci : Kemampuan berpikir kritis, Keterampilan proses sains, Discovery learning, Video animasi

×
Penulis Utama : Adha Nisfatulsanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4318001
Tahun : 2022
Judul : Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Model Discovery Learning Dipadu Media Video Animasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, Keterampilan proses sains, Discovery learning, Video animasi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.53430/ijsru.2022.4.1.0121
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr, Ir. Endang Yuniastuti, M.Si.
2. Dr. Slamet Santosa, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Muzzazinah, M.Si.
2. Dr. Umi Fatmawati, S.Pd., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.