Penulis Utama : Ferlinda Azizah
NIM / NIP : K1218030
×

Ferlinda Azizah K1218030. GAYA BAHASA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU KUMPULAN PUISI SURAT KOPI KARYA JOKO PINURBO SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, JUNI 2022.    

Pemahaman pembaca masih rendah dalam memahami gaya bahasa dan nilai pendidikan dalam sebuah karya sastra. Adapun upaya untuk memperluas wawasan terkait gaya bahasa dan nilai pendidikan salah satunya dengan membaca penelitian-penelitian analisis gaya bahasa dan nilai pendidikan pada karya sastra.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang (1) jenis gaya bahasa yang terdapat pada kumpulan puisi Surat Kopi karya Joko Pinurbo, (2) jenis nilai pendidikan yang terdapat pada kumpulan puisi Surat Kopi karya Joko Pinurbo, dan (3) relevansinya sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode content analysis. Data penelitian berupa kutipan puisi yang mengandung gaya bahasa dan nilai pendidikan pada kumpulan puisi Surat Kopi karya Joko Pinurbo. Sumber data berupa buku kumpulan puisi Surat Kopi karya Joko Pinurbo.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca-catat dan wawancara. Validitas data berupa triangulasi teori dan sumber. Analisis data menggunakan model analisis data interaktif.

 Hasil penelitian ini, yaitu (1) terdapat gaya bahasa perbandingan (personifikasi, sinestesia, dan eufemisme), gaya bahasa pertentangan (hiperbola, antitesis, oksimoro, antisispasi dan paradoks), gaya bahasa pertautan (sinekdokke) dan gaya bahasa sindiran (satire dan ironi), (2) terdapat nilai pendidikan agama, moral, sosial dan budaya dan (3) relevan dijadikan sebagai bahan ajar dengan memenuhi kriteria bahan ajar yang baik dari segi kebahasaan, segi muatan bahan ajar dan tanggapan pembaca. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca terkait gaya bahasa dan nilai pendidikan dalam karya sastra khususnya kumpulan puisi. Selain itu dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA khususnya kelas X pada KD 3.17 dan 4.17.

×
Penulis Utama : Ferlinda Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1218030
Tahun : 2022
Judul : Gaya Bahasa dan Nilai Pendidikan dalam Buku Kumpulan Puisi Surat Kopi Karya Joko Pinurbo serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : bahan ajar puisi, gaya bahasa, nilai pendidikan, puisi, dan analisis isi.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Drs. Slamet, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Dra. Ani Rakhmawati, M. A., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.