Penulis Utama : Astri Nurmala Sari
NIM / NIP : K2318012
×

Astri Nurmala Sari. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SUHU DAN KALOR SMA KELAS XI. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan spesfisikasi media pembelajaran berbasis Assessment for Learning menggunakan Articulate Storyline 3 pada materi suhu dan kalor SMA kelas XI yang berkriteria baik, (2) Menjelaskan hasil penilaian ahli tentang media pembelajaran fisika berbasis Assessment for Learning menggunakan Articulate Storyline 3 pada materi suhu dan kalor SMA kelas XI yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi, media, dan bahasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dibatasi hanya tiga tahapan yaitu analysis, design, dan development. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif, data tersebut diperoleh dari sumber data atau subjek penelitian. Subjek pada penelitian ini adalah dua orang dosen ahli, lima mahasiswa prodi pendidikan fisika, dua guru fisika serta 90 peserta didik SMA Negeri 5 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Analisis data menggunakan kategori sifat yang dilakukan oleh Azwar. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: (1) spesifikasi media yang dikembangkan yaitu media terdiri dari 3 aplikasi dengan sub materi yang berbeda yakni sub materi suhu dan konsep kalor, pemuaian zat dan perpindahan kalor. Media ini terdiri 8 sub menu antara lain menu profil kreator, KD dan KI, indikator dan tujuan, peta konsep, materi, latihan soal dengan konsep AFL, evaluasi, daftar pustaka dan glosarium. Media pembelajaran ini dapat dioperasikan melalui perangkat android maupun windows secara offline dan online (2) media pembelajaran berbasis Assessment for Learning menggunakan Articulate Storyline 3 pada materi suhu dan kalor SMA kelas XI memenuhi kriteria sangat baik ditinjau dari aspek materi, desain dan bahasa.

 

×
Penulis Utama : Astri Nurmala Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2318012
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Assessment for Learning Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Suhu dan Kalor SMA Kelas XI
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Assessment for Learning, Articulate Storyline 3
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Elvin Yusliana Ekawati, S.Pd., M.Pd.
2. Ahmad Fauzi, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd.
2. Dr. Daru Wahyuninsih, S.Si., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.