Penulis Utama : Atikah Nurbaeti
NIM / NIP : B0118006
×

Atikah Nurbaeti, B0118006, 2022, Ketidakpatuhan Prinsip Kerja Sama dalam Dagelan Curanmor (Curahan Perasaan dan Humor) Radio Yes Cilacap (Suatu Kajian Pragmatik).“Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta”.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah Ketidakpatuhan prinsip kerja samayang terdapat dalam Dagelan Curanmor Radio Yes Cilacap ? (2) Bagaimanakah implikatur percakapan dalam Dagelan Curanmor Radio Yes Cilacap ?Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Ketidakpatuhan prinsip kerja samayang terdapat dalam Dagelan Curanmor Radio Yes Cilacap (2) Mendeskripsikan implikatur percakapan dalam Dagelan Curanmor Radio Yes Cilacap.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik. Data penelitian ini berupa penggalan tuturan dalam dagelan curanmor yang mengandung ketidakpatuhan prinsip kerjasama. Sumber data penelitian ini adalah dagelan “Curanmor” Yes Radio Cilacap yang telah diunggah dalam bentuk mp3 di Restu Singgih Channel YouTube. Pengumpulan data penelitian ini adalah metode simak, sedangkan teknik untuk pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis heuristik. Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini adalah penyajian secara informal dan formal.

Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat 4 bentuk Ketidakpatuhan prinsip kerja samayang terdapat dalam dagelan Curanmor. Ketidakpatuhan itu meliputi ketidakpatuhan maksim kuantitas, ketidakpatuhan maksim kualitas, ketidakpatuhan maksim relevansi (hubungan), dan ketidakpatuhan maksim cara (pelaksanaan). Ketidakpatuhan prinsip kerja samayang terjadi didominasi oleh ketidakpatuhan terhadap maksim kuantitas, hal ini terjadi karena cara bertutur antar tokoh yang berkepanjangan, berulang-ulang dan tidak teratur.

Ketidakpatuhan prinsip kerja samayang terdapat dalam dagelan Curanmor ditemukan ada 11 jenis implikatur percakapan. Jenis implikatur percakapan dari Ketidakpatuhan prinsip kerja samadalam dagelan Curanmor meliputi menyindir, mengejek, menolak, menunjukkan suatu keadaan memberitahu, menyarankan, membenarkan, berspekulasi, mengeluh, mengkritik,  menyombongkan diri, dan memprovokasi. Di dalam Curanmor implikatur sebagai unsur pengungkapan humor yang terjadi didominasi oleh implikatur memberitahu, menyindir dan mengejek yang menimbulkan jenis humor satire dan implikatur yang lain menimbulkan jenis humor satire, sinisme, dan guyon parikena.

Kata kunci: Curanmor, ketidakpatuhan prinsip kerja sama, implikatur, pragmatik.

×
Penulis Utama : Atikah Nurbaeti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0118006
Tahun : 2022
Judul : Ketidakpatuhan Prinsip Kerja Sama dalam Dagelan Curanmor (Curahan Perasaan dan Humor) Radio Yes Cilacap (Suatu Kajian Pragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: Curanmor, ketidakpatuhan prinsip kerja sama, implikatur, pragmatik.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Wakit A. Rais, M.Hum.
Penguji : 1. Dra. Dyah Padmaningsih, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.