Penulis Utama : Alfinza Aulia Sholikin
NIM / NIP : M3519005
×

Diabetes merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan kenaikan kadar gula darah di atas normal. Pada diabetes mellitus yang tidak terkontrol menyebabkan metabolisme lipid terganggu, yang berdampak pada kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh. Omega-3 dan Omega-6 yang terkandung dalam ikan patin dan Andrographolide dan flavonoid yang terkandung dalam herba sambiloto berperan sebagai antioksidan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi minyak ikan patin (Pangasius djambal) dan ekstrak etanol herba sambiloto (Andrographis paniculata (Burm.f.) Ness) terhadap kadar kolesterol pada tikus model diabetes yang diinduksi streptozotocin. 
Pada penelitian ini menggunakan 30 ekor tikus jantan galur wistar yang dibagi menjadi 6 kelompok yaitu kelompok normal (tidak diberi perlakuan); kontrol negatif (corn oil); kelompok metformin (metformin 120mg/kgBB); dosis 1 (minyak ikan patin 1000mg/kgBB); dosis 2 (minyak ikan patin 1000mg/kgBB + ekstrak herba sambiloto 200mg/kgBB); dan dosis 3 (minyak ikan patin 1000mg/kgBB + ekstrak herba sambiloto 400mg/kgBB). Sebelum perlakuan, tikus diinduksi menggunakan streptozotocin dosis 50mg/kgBB. Tikus dengan kadar gula darah lebih dari 200mg/dl dijadikan model diabetes. Berat badan diamati setiap minggu selama 1 bulan dan kadar kolesterol diukur pada minggu kedua dan keempat. Data yang diperoleh diuji statistik normalitasnya menggunakan Shapiro-Wilk dan homogenitas menggunakan Levene Test, lalu diuji mengunakan metode one way ANOVA, dan diuji poshoc LSD.
Berdasarkan penelitian diketahui bahwa pemberian kombinasi minyak ikan patin dan ekstrak etanol herba sambiloto dengan dosis 1 (minyak ikan patin 1000mg/kgBB + ekstrak herba sambiloto 200mg/kgBB) dan dosis 2 (minyak ikan patin 1000mg/kgBB +ekstrak herba sambiloto 400mg/kgBB) menunjukkan penghambatan kenaikan kadar kolesterol (p?0,05). Kombinasi minyak ikan patin 1000 mg/kgBB dan ekstrak etanol herba sambiloto 400 mg/kgBB efektif secara statistik (p?0,05) jika dibandingkan dengan kelompok negatif. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian kombinasi patin minyak ikan patin (Pangasius djambal) dan ekstrak etanol herba sambiloto (Andrographis paniculata (Burm.f.) Ness)  memiliki pengaruh dalam menghambat kenaikan kadar kolesterol. 

 

×
Penulis Utama : Alfinza Aulia Sholikin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3519005
Tahun : 2022
Judul : Pemberian Kombinasi Minyak Ikan Patin (Pangasius djambal) dan Ekstrak Etanol Herba Sambiloto (Andrographis paniculata (Burm.f.) Ness) Sebagai Tindakan Preventif Hiperkolesterol Model Tikus Diabetes
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Farmasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pangasius djambal; Andrographis paniculata; diabetes mellitus streptozotocin; dan kolesterol
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. apt. Heru Sasongko,M.Sc.
Penguji : 1. apt. Fiqri Zulpadly MH,M.Biomed.
2. apt. Anif Nur Artanti,M.Sc.
Catatan Umum : tidak ada DOI
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.