Penulis Utama : Nabila Rizky Nurhayati
NIM / NIP : D1519061
×

ABSTRAK

 

Nabila Rizky Nurhayati. D1519061. Sistem Informasi Pengelolaan Tunggakan Tagihan Pelanggan IndiHome di PT Telkom Witel Solo. Tugas Akhir. Studi Diploma III Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret. 2022. 69 Halaman.

PT Telkom Indonesia Tbk. merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa layanan internet di Indonesia. Sebagai salah satu perusahaan yang telah berdiri sejak lama, tentunya PT Telkom Indonesia Tbk. telah memiliki banyak pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan berbagai pilihan layanan, pelanggan bisa menikmati layanan internet sesuai dengan kebutuhan mereka. Salah satu produk unggulan dari PT Telkom Indonesia Tbk. adalah Indonesia Digital Home atau biasa disebut IndiHome. Produk dari IndiHome berupa paket layanan komunikasi yang terdiri dari internet, telepon kabel, dan televisi interaktif.

Layanan IndiHome merupakan jenis layanan pascabayar, yaitu tagihan pada bulan ke-N merupakan tagihan atas penggunaan layanan pada bulan N-1. Setelah tagihan dikirimkan, pelanggan wajib membayarkan tagihan sebelum tanggal 20 Apabila sampai dengan tanggal 20 pelanggan belum melakukan pembayaran tagihan IndiHome, maka pelanggan tersebut dianggap menunggak. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengamati sistem informasi pengelolaan tunggakan tagihan layanan IndiHome di PT Telkom Witel Solo

Jenis pengamatan yang digunakan dalam penulisan laporan tugas akhir ini, yaitu yaitu deskriptif kualitatif dengan pengamatan langsung berperan. Teknik pengumpulan data dalam pengamatan menggunakan metode observasi, wawancara, dan mengkaji dokumen. Proses yang dilakukan penulis dalam pengamatan ini meliputi mengamati kegiatan proses  bisnis khususnya dalam bidang penghimpunan tagihan layanan IndiHome dan berpartisipasi aktif dalam proses pengelolaan tagihan layanan IndiHome yang dilakukan oleh bagian Payment Collection PT Telkom Witel Solo.

Berdasarkan hasil pengamatan yang penulis lakukan, kegiatan penghimpunan dan pengelolaan tagihan layanan Indihome melalui dua metode penagihan yaitu dengan metode caring dan metode visiting. Sistem informasi pengelolaan tunggakan tagihan yang digunakan oleh bagian Payment Collection dilakukan untuk meminimalisir terjadinya piutang yang dilakukan oleh pelanggan layanan IndiHome

×
Penulis Utama : Nabila Rizky Nurhayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1519061
Tahun : 2022
Judul : Sistem Informasi Pengelolaan Tunggakan Tagihan Pelanggan IndiHome di PT Telkom Witel Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : IndiHome, Sistem Informasi, Tagihan
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Chairul Huda Atma Dirgatama.,S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Tiyas Nur Haryani, S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.