Penulis Utama : Fitri Andriani Setyowati
NIM / NIP : S992008005
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kesesuaian buku ajar ekonomi berilustrasi berbasis problem-based learning dengan kebutuhan siswa SMA Negeri 1 Tunjungan Blora; 2)           kelayakan buku ajar ekonomi berilustrasi berbasis problem-based learning dalam proses pembelajaran; 3) efektivitas buku ajar ekonomi berilustrasi berbasis problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca dan berpikir kritis siswa.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan prosedur ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1) analisis; 2) desain; 3) pengembangan; 4) implementasi; dan 5) evaluasi. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 304 siswa, dengan sampel yang digunakan berjumlah 62 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan, terdiri dari: 1) wawancara; 2) observasi; 3) dokumentasi; 4) angket; 5) soal tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mixed methods yaitu teknik analisis data yang diawali dengan menggunakan analisis deskriptif dari data kualitatif kemudian didukung oleh data kuantitatif, serta teknik analisis data statistik inferensial.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) buku ajar ekonomi berilustrasi berbasis problem based learning sesuai dengan kebutuhan siswa SMA Negeri 1 Tunjungan Blora; 2) buku ajar ekonomi  yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak ditinjau dari naskah buku ajar dan bahasa yang digunakan, serta memiliki kategori layak ditinjau dari materi yang disajikan; 3) buku ajar ekonomi berilustrasi berbasis problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca berdasarkan hasil N-Gain score sebesar 0,52 yang menunjukkan kategori sedang. Selain itu, buku ajar ekonomi berilustrasi berbasis problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis berdasarkan hasil N-Gain score sebesar 0,34 yang menunjukkan kategori sedang.

×
Penulis Utama : Fitri Andriani Setyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S992008005
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Buku Ajar Ekonomi Berilustrasi Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca dan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Tunjungan Blora
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Buku Ajar Ekonomi, Problem Based Learning, Literasi Membaca, Berpikir Kritis
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/46435 dan https://journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/9347
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kristiani, M.Si.
2. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si.
Penguji : 1. Khresna Bayu Sangka, S.E., M.M., P.hD.
2. Feri Setyowibowo, S.E., M.M., P.hD.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.