Penulis Utama : Novaria Fajar P
NIM / NIP : A121708035
×

Novaria Fajar Prasetya. A121708035. 2021. Model Latihan Teknik Passing Dan Shooting Berbasis Kajian Biomekanika Dalam Futsal Untuk Pelajar Sma-Smk (Studi Pengembangan Pada SMA-SMK Sederajat di Boyolali). Tesis.   Pembimbing : Prof. Dr. Sugiyanto., Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd. Program Studi Magister Ilmu Keolahragaan, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan mengumpan berbasis kajian biomekanika dalam permainan bola futsal untuk pelajar SMA/SMK di Kabupaten Boyolali.

 

Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah peneliti, pelatih, atlet, praktisi futsal, ahli multimedia, dan ahli biomekanika. Populasi berasal dari siswa SMA/SMK di Kabupaten Boyolali. Sampel yang diambil dalam penelitian ini diambil 4 sampel untuk uji coba kelompok kecil, 8 sampel untuk ujicoba kelompok besar, Uji efektivitas produk kelompok dengan media latihan berbasis kajian biomekanik menggunakan 12 sampel, kelompok tanpa media latihan berbasis kajian biomekanik menggunakan 12 sampel.

Hasil studi awal menunjukkan Sebanyak 46% responden menyatakan teknik passing dan shooting permainan futsal memerlukan media latihan berbasis kajian biomekanik sangat perlu, Sebanyak 46% responden menyatakan biomekanik dalam olahraga permainan futsal sangat perlu dikembnagkan. Pengembangan media dimulai dari drafi model berupa storyboard  dan skrip yang akan digunakan sebagai media. Rancangan model ini disebut sebagai draft model. Draft model yang telah disusun direview oleh ahli multimedia dan ahli futsal untuk mendapatkan kesahihan produk. Sebesar 76,43% ahli menyatakan produk layak dengan beberapa masukan. Pada kelompok kecil dengan jumlah n=4 diperoleh nilai 71% atau cukup valid untuk diujikan pada kelompok besar. Pada uji kelompok besar dengan n=8 diperoleh nilai 72,02% atau layak untuk diujikan di lapangan. Pada uji lapangan dibuat kelompok eksperimen dengan treatment sesuai media dan kelompok kontrol dengan treatment bebas. Dari hasil penghitungan uji signifikansi dapat diinterpretasikan bahwa hasil hitungan menolak Ho dengan nilai hitung yang jauh diatas nilai t tabel. Hasil keterampilan teknik dasar passing dan shooting futsal meningkat 33% - 48,0% dan kelompok kontrol 16,0% - 43,0%.  Maka berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk model latihan teknik mengumpan berbasis kajian biomekanika dalam futsal untuk pelajar sma-smk di boyolali dinyatakan efektif dan layak.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model latihan keterampilan teknik dasar passing dan shooting futsal berbasis kajian biomekanika pada model keterampilan teknik dasar passing dan shooting futsal efektif dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar passing dan shooting futsal.

×
Penulis Utama : Novaria Fajar P
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121708035
Tahun : 2022
Judul : MODEL LATIHAN TEKNIK PASSING DAN SHOOTING BERBASIS KAJIAN BIOMEKANIKA DALAM FUTSAL UNTUK PELAJAR SMA-SMK. (Studi Pengembangan Pada SMA-SMK Sederajat di Boyolali).
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kajian biomekanik, teknik dasar passing dan shooting futsal, penelitian pengembangan, Model latihan keterampilan passing dan shooting futsal
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://ijels.com/detail/a-model-of-technique-training-for-passing-and-shooting-based-on-biomechanics-studies-in-futsal-for-high-school-vocational-high-school-students/
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Slamet Riyadi, S.Pd., M.Or.
2. Dr. Waluyo, M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.