Penulis Utama : Andi Ayyash Kusuma A
NIM / NIP : K5615009
×

Andi Ayyash Kusuma Aji. K5615009. PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PENDEKATAN DRILL DAN BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PASSING MENYUSUR TANAH DALAM PERMAINAN FUTSAL PADA SISWA EKSTRAKULIKULER SMA NEGERI 1 KARTASURA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2020.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan pengaruh pendekatan metode drill dan bermain terhadap kemampuan teknik dasar passing menyusur tanah dalam permainan futsal pada siswa ekstrakulikuler SMA Negeri 1 Kartasura; (2) pendekatan drill lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan pendekatan bermain terhadap kemampuan passing menyusur tanah dalam futsal pada siswa ekstrakulikuler SMA Negeri 1 Kartasura.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra ekstrakulikuler futsal di SMA Negeri 1 Kartasura sebanyak 53 siswa. Sampel yang terpilih adalah 30 siswa ekstrakulikuler futsal di SMA Negeri 1 Kartasura yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan berupa data kemampuan teknik dasar passing menyusur tanah dalam permainan futsal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan teknik dasar passing menyusur tanah dalam permainan futsal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan dengan melalui uji prasyarat yaitu uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. (1) Ada perbedaan signifikan teknik dasar passing menyusur tanah antara perlakuan drill dan bermain sebesar 0.033 < 0 xss=removed xss=removed>Kesimpulan dari hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada perbedaan pengaruh pendekatan metode drill dan bermain terhadap kemampuan teknik dasar passing menyusur tanah dalam permainan futsal setelah dilakukan penelitian. (2) Berdasarkan hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa teknik dasar passing menyusur tanah pada perlakuan drill lebih tepat dan efektif pengaruhnya dibandingkan perlakuan bermain.
 

×
Penulis Utama : Andi Ayyash Kusuma A
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5615009
Tahun : 2022
Judul : Perbedaan pengaruh latihan pendekatan drill dan bermain terhadap kemampuan teknik dasar passing menyusur tanah dalam permainan futsal pada siswa ekstrakulikuler SMA Negeri 1 Kartasura.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kemampuan teknik dasar passing menyusur tanah dalam permainan futsal, metode pendekatan drill, metode pendekatan bermain.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Fadilah Umar, S.Pd., M.Or
2. Dr. Slamet Riyadi, S.Pd., M.Or
Penguji : 1. Drs. Agustiyanta M.Pd
2. Islahuzzman Nuryadin, S.Pd., M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.