Penulis Utama : Putri Ma'rifatul Mardiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0019175
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Body Mass Index (BMI) dan Body Fat dengan Usia Menarche Remaja SMP di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Putri Ma’rifatul M, G0019175, 2022. Hubungan Body Mass Index (BMI) dan Body Fat dengan Usia Menarche Remaja SMP di Kota Surakarta. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Menurunnya usia menarche sering dikaitkan dengan kelebihan berat badan begitu pula sebaliknya. Penilaian berat badan seseorang dapat dilihat menggunakan BMI dan presentase body fat. Usia menarche yang terlalu dini atau terlalu lambat akan berdampak negatif terhadap kesehatan seseorang sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan BMI dan body fat dengan usia menarche pada remaja

Metode: Jenis penelitian ini adalah obeservasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian siswi SMP Negeri 8 Surakarta. Analisis data statistik penelitian ini menggunakan uji Spearman dengan variable terikatnya yaitu usia menarche, dan variabel bebasnya adalah Body Mass Index dan body fat yang diukur dengan menggunakan alat Bioelectrical Impedance Analysis.

Hasil: Dari 214 subjek penelitian, terdapat 177 yang memenuhi kriteria inklusi dan tidak memenuhi kriteria ekslusi. Terdapat korelasi kuat dan searah antara BMI dengan body fat. Korelasi sangat lemah dan tidak searah antara BMI dengan usia menarche dan antara body fat dengan usia menarche. Selain itu, terdapat hubungan yang sangat lemah dan searah antara usia menarche ibu dengan usia menarche remaja, antara BMI dengan usia ginekologi, dan antara body fat dengan usia ginekologi. sedangkan tidak ditemukan adanya korelasi antara aktivitas fisik dan pendapatan orang tua dengan usia menarche pada remaja.

Simpulan: Body fat memiliki hubungan yang sangat lemah dan tidak searah dengan usia menarche. Sedangkan hubungan BMI dan body fat memiliki hubungan yang kuat dan juga tidak searah, begitu pula sebaliknya.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Annang Giri Moelyo, Sp. A(K), M. Kes ; dr. Sandi Nugraha, Sp. A, M. Biomed
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran