Penulis Utama : Isna Tasya Salsabilla
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0218060
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Beban Kerja Mental dengan Stres Kerja Pembelajaran Sistem Hybrid pada Guru SD di Kelurahan Cilacap
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Isna Tasya Salsabilla, R0218060, 2022. Hubungan Beban Kerja Mental dengan Stres Kerja Pembelajaran Sistem Hybrid Pada Guru SD di Kelurahan Cilacap. Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang : Sebelum masa pandemi, pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Sementara pada masa pandemi, kegiatan pendidikan dan pembelajaran berlangsung secara daring. Pekerjaan sebagai guru menjadi profesi yang didominasi oleh beban kerja mental karena tugas dan tanggung jawab guru bertumpu pada pekerjaan psikis dan non fisik. Stres kerja dapat terjadi, salah satunya karena beban kerja mental yang berlebihan. Saat ini pemerintah sedang menerapkan kebijakan new normal salah satunya berpengaruh pada sektor pendidikan, dimana peserta didik diminta untuk belajar di rumah dan di sekolah secara bergantian (metode pembelajaran hybrid) dimana guru dapat menerapkan penggabungan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring. Akibat dari perubahan sistem pembelajaran tersebut, tugas dan tanggung jawab guru menjadi meningkat yang dapat menyebabkan guru menerima beban kerja mental berlebih sehingga mengakibatkan stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beban kerja mental dengan stres kerja pembelajaran sistem hybrid pada guru SD di kelurahan Cilacap.

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 70 guru Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Cilacap. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu total sampling, sehingga di dapatkan sampel penelitian sejumlah 70 responden. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan kuesioner NASA-TLX untuk mengukur tingkat beban kerja mental dan kuisioner Health and Safety Executive (HSE 2003) untuk mengukur tingkat stres kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Somers’d.

Hasil : Hasil uji statistik menggunakan uji Somers’d dapat diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar p = 0.0001 ( p < 0 xss=removed>

Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara beban kerja mental dengan stres kerja pembelajaran sistem hybrid pada guru SD di kelurahan Cilacap.

Kata Kunci : Beban Kerja Mental, Stres Kerja

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Lusi Ismayenti, ST. M.Kes
2. Heni Hastuti, dr. M.PH
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi