Penulis Utama : Soebhita Hema Kumala
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0019201
Tahun : 2022
Judul : HUBUNGAN TRICEPS SKINFOLD THICKNESS DENGAN USIA MENARCHE REMAJA PEREMPUAN DI SMP KOTA SURAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: Triceps skinfold thickness merupakan salah satu pengukuran antropometri yang dapat menunjukkan status gizi kegemukkan maupun obesitas seseorag. Anak perempuan berstatus gizi gemuk memiliki 2,42 kali kemungkinan mengalami menarche lebih dini dibandingkan anak berstatus gizi normal. Sehingga diperkirakan semakin tebal triceps skinfold thickness maka usia menarche anak perempuan juga semakin dini, namun pendapat ini menimbulkan pro-kontra lewat beberapa penelitian, maka dari itu peneliti ingin melihat hubungan kedua variabel.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional cross sectional dengan metode penelitian total sampling. Seluruh sampel diminta untuk membaca lembar informed consent dan mengisi kuisioner mengenai usia menarche dan dilakukan pengukuran terhadap triceps skinfold thickness pada daerah lengan atas dengan menggunakan skinfold caliper. Kemudian variabel yang ada dianalisis univariat dan bivariat menggunakan uji Spearman.

Hasil: Berdasarkan hasil uji korelasi Spearman antara triceps skinfold thickness dengan usia menarche dapat dilihat bahwa usia menarche sampel memiliki hubungan bermakna dengan triceps skinfold thickness yang terlihat dari p<0 p=0,012).>usia menarche sampel dan  triceps skinfold thickness  yang lemah (r = - 0,188).

Simpulan: Terdapat hubungan bermakna antara usia menarche dengan triceps skinfold thickness pada remaja perempuan (usia 11-16 tahun).

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Dokumen Karya Dosen : -
Link DOI : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Annang Giri Moelyo,dr.,Sp.A(K).,M.Kes
2. Septin Widiretnani,dr.,Sp.A(K).,M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran