Penulis Utama : Nurul Afifah
NIM / NIP : H3519029
×

PEMBUATAN POCKET HAND SANITIZER DARI DAUN KERSEN (Muntingia calabura) DENGAN AROMA BUNGA MELATI
(Jasminum sambac)

Nurul Afifah, Rizki Puspita Dewanti S.E., M.Si, Zainal Arifin S.P., M.Sc

INTISARI

Penerapan protokol kesehatan pembatasan fisik dalam hal ini dilakukan dengan cara dilarang berdekatan atau kontak fisik dan selalu menjaga kebersihan tangan setiap saat (Ridwan et al., 2020). Cara paling sederhana untuk menjaga kebersihan tangan adalah mencuci tangan menggunakan sabun dan air, namun seiring bertambahnya kesibukan masyarakat terutama di perkotaan maka tercipta produk yang cepat dan praktis yaitu pencuci tangan tanpa air yang dikenal dengan hand sanitizer (Akib et al., 2019).  Pemakaian hand sanitizer alami merupakan pilihan praktis dan lebih alami untuk kulit.

A Folia Fresh merupakan produk hand sanitizer berbentuuk pocket spray praktis yang terbuat dari bahan dasar alami daun Kersen dengan aroma menyegarkan Bunga Melati (Jasminum sambac). Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) merupakan sejenis pohon peneduh yang mudah kita jumpai di pinggir jalan. Kersen (Muntigia calabura L.) mengandung senyawa bioaktif yaitu senyawa flavonoid, saponin, triterpen, steroid, dan tannin yang merupakan senyawa yang berpotensi sebagai antibakteri. Esktrak tanaman daun Kersen diperoleh dengan cara meserasi menggunakan pelarut etanol 70%. Daun kersen dimeserasi selama 21 x 24 Jam hingga diperoleh filtrat. Ekstrak kemudian diolah menjadi produk hand sanitizer dengan penambahan aquadest, gliserin, metil paraben, dan aroma Bunga Melati. Bunga Melati memiliki zat aktif yang dapat membantu meregenerasi kulit sehat, melembabkan kulit kering , dan melawan gejala penuaan.

Formulasi handsanitizer selanjutnya dianalisa kualitasnya meliputi uji organoleptic dan uji hedonic/preferensi. Untuk analisa organoleptic, hal yang dianalisa meliputi aroma, warna , dan tekstur. Hand sanitizer diproduksi sebanyak 25 botol dengan netto 50 ml pada masing masing botol. Harga pocket spray yaitu Rp. 16.500,00 dengan keuntungan sebesar Rp. 90.013,00 sehingga didapat penerimaan sebesar Rp. 412.500,00. Pemasaran dilakukan secara langsung dengan menjual hand sanitizer  kepada anggota karang taruna, di lingkungan kampus dan secara online melalui instagram @a.foliafresh. berdasarkan kelayakan usaha, A Folia Fresh layak dikembangkan dengan memiliki nilai R/C sebesar 1,27 > 1 dan nilai B/C sebesar 0,27 > 0.

×
Penulis Utama : Nurul Afifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H3519029
Tahun : 2022
Judul : Pembuatan Pocket Hand Sanitizer dari Daun Kersen (Muntingia calabura) dengan Aroma Bunga Melati (Jasminum sambac)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Agribisnis Agrofarmaka
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : daun kersen, ekstrak, hand sanitizer, pemasaran
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rizki Puspita Dewanti S.E.,. M.Si
Penguji : 1. Zainal Arifin, S.P., M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.