Penulis Utama : Aditya Aldi Pamungkas
NIM / NIP : K7118502
×

Aditya Aldi Pamungkas’. ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 2 KEDUNGMENJANGAN KECAMATAN PURBALINGGA, KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan jenis kesulitan belajar yang dialami peserta didik, (2) Untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami peserta didik, (3) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV semester genap di SD Negeri 2 Kedungmenjangan tahun ajaran 2021/2022.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode studi kasus dengan subjek siswa kelas IV SD Negeri 2 Kedungmenjangan yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi angket, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni reduksi data penyajian data, dan verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, jenis kesulitan belajar yang dialami siswa terjadi pada pembelajaran IPS kelas IV yaitu jenis kesulitan pra-akademik (kesulitan belajar kognitif, kesulitan belajar dalam penyesuaian perilaku) dan akademik (kesulitan belajar menulis). Kedua, faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kedungmenjangan dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu: (a) faktor minat, dan (b) faktor motivasi. Sedangkan faktor eksternal yaitu: (a) metode pembelajaran yang kurang tepat, (b) sarana dan prasarana kurang memadai, dan (c) kurangnya pendampingan orang tua. Ketiga, upaya mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Kedungmenjangan dapat dilakukan oleh guru, orang tua dan siswa dengan langkah identifikasi, diagnosis, prognosis, dan memberikan bantuan. Bantuan yang dapat diberikan ketika mengalami kesulitan belajar kognitif dengan melatih pemahaman materi dengan soal secara berulang, ketika mengalami kesulitan belajar dalam penyesuaian perilaku dengan melakukan belajar berkelompok, dan ketika mengalami kesulitan belajar menulis dengan melatih menulis secara berulang.

Simpulan penelitian ini adalah kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 2 Kedungmenjangan tahun ajaran 2021/2022 yaitu kesulitan belajar kognitif dan kesulitan belajar dalam penyesuaian perilaku.

×
Penulis Utama : Aditya Aldi Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118502
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 2 Kedungmenjangan Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2021/2022.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : analisis; kesulitan belajar siswa; pembelajaran IPS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd
2. Moh. Salimi, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Dr. Kartika Chrysti S, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.