Penulis Utama : Imas Ayu Inggil Pangestuti
NIM / NIP : K3118037
×

Imas Ayu Inggil Pangestuti. K3118037. HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN SELF-ESTEEM REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 2 SRAGEN. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan tingkat body image remaja putri di SMAN 2 Sragen, (2) mendeskripsikan tingkat self-esteem remaja putri di SMAN 2 Sragen, dan (3) menganalisis hubungan antara body image dan self-esteem pada remaja putri di SMA Negeri 2 Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode korelasional. Populasi adalah seluruh ramaja perempuan di SMAN 2 Sragen sebanyak 699. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling hingga diperoleh 180 siswa, masing-masing 6 siswa dari 30 kelas X, XI, dan XII. Pengumpulan data dilakukan dengan skala body image dan skala self-esteem yang disusun sendiri oleh peneliti. Hasil uji validitas empiris menunjukkan bahwa pada skala body image, terdapat 48 item pernyataan valid dari 66 item yang dikembangkan, sedangkan pada skala self-esteem, 20 item dinyatakan valid dari 27 item yang dikembangkan. Reliabilitas skala body image sebesar 0,957 dan self-esteem sebesar 0,891 yang artinya kedua skala memiliki reliabilitas sangat tinggi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Pearson Correlation Product Moment.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat body image remaja putri di SMAN 2 Sragen berada pada kategori rendah sebesar 7,8% yaitu sebanyak 14 siswa, kategori sedang sebesar 82,8% yaitu sebanyak 149 siswa, dan kategori tinggi sebesar 9,4% yaitu sebanyak 17 siswa, (2) tingkat self-esteem remaja putri di SMAN 2 Sragen berada pada kategori rendah sebesar 2,8% yaitu sebanyak 5 siswa, kategori sedang sebesar 83,3% yaitu sebanyak 150 siswa, dan kategori tinggi sebesar 13,9% yaitu sebanyak 25 siswa, dan (3) Terdapat hubungan yang signifikan, dengan arah hubungan positif, dan kukuatan korelasi hubungan yang kuat antara body image dengan self-esteem remaja putri di SMA Negeri 2 Sragen dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0>

Rekomendasi untuk Guru BK agar dapat memberikan pengetahuan dan membantu remaja perempuan untuk memahami mengenai body image dan self-esteem. Guru BK juga dapat memberikan layanan-layanan yang dapat meningkatkan body image dan self-esteem remaja putri. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian lanjutan berkaitan variabel-variabel lain yang berhubungan dengan body image dan self-esteem, serta melakukan penelitian pengembangan untuk mengetahui prosedur meningkatkan body image dan self-esteem pada remaja putri. 

×
Penulis Utama : Imas Ayu Inggil Pangestuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3118037
Tahun : 2022
Judul : Hubungan antara Body Image dengan Self-Esteem Remaja Putri di SMA Negeri 2 Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci : Body Image, Self-Esteem, Remaja Putri, SMA Negeri 2 Sragen
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Tri Susilo, M.Pd.
2. Ulya Makhmudah, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Ribut Purwaningrum, M.Pd.
2. Citra Tectona Suryawati, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.