Penulis Utama : Ikhsan Lazuardi Fikri
NIM / NIP : F1120035
×

Kebutuhan air di seluruh sektor perekonomian terus meningkat seiring dengan perkembangan ekonomi dan pertumbuhan penduduk. Sumber mata air Lawu yang selama ini dimanfaatkan oleh warga Dusun Kauman, Desa Kwadungan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah mulai mengalami kelangkaan dan pengurangan debit air. Kekurangan air menyebabkan tokoh masyarakat dan warga dusun Kauman, Desa Kwadungan melakukan inisiatif untuk mendirikan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) karena tidak adanya layanan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui berapa rupiah kesediaan membayar/willingness to pay (WTP) jasa lingkungan pelanggan PAMSIMAS Desa Kwadungan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar (2) mengetahui pengaruh umur kepala keluarga, jenis kelamin kepala keluarga, pendidikan kepala keluarga, pendapatan keluarga, jumlah anggota keluarga, sumber mata air, persepsi penggunaan air, persepsi kualitas air, dan persepsi pentingnya konservasi terhadap  WTP jasa lingkungan pelanggan PAMSIMAS Desa Kwadungan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar.

Penelitian ini menggunakan Contingent Valuation Method (CVM) untuk mengetahui berapa rupiah WTP jasa lingkungan pelanggan PAMSIMAS Desa Kwadungan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar dan analisis regresi logistik untuk mengetahui faktor faktor-faktor yang mempengaruhi WTP jasa lingkungan pelanggan PAMSIMAS Desa Kwadungan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara sebanyak 151 responden dan data sekunder yang diperoleh dari Instansi Terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata WTP jasa lingkungan pelanggan PAMSIMAS Desa Kwadungan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar sebesar Rp22.757 per keluarga per bulan dengan total WTP konservasi air PAMSIMAS adalah sebesar Rp3.436.360 per bulan. Variabel Umur, Jumlah Anggota Keluarga, Pendapatan, dan Persepsi Pentingnya Konservasi berpengaruh signifikan terhadap WTP jasa lingkungan pelanggan PAMSIMAS Desa Kwadungan, sedangkan variabel Jenis Kelamin, Pendidikan, Sumber Mata Air, Persepsi Penggunaan Air, dan Persepsi Kualitas Air tidak berpengaruh signifikan terhadap WTP jasa lingkungan pelanggan PAMSIMAS Desa Kwadungan.

×
Penulis Utama : Ikhsan Lazuardi Fikri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1120035
Tahun : 2022
Judul : Pembayaran Jasa Lingkungan Pada Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat Desa Kwadungan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2022
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Jasa lingkungan, Willingness to Pay, Contingent Valuation Method, PAMSIMAS Desa Kwadungan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Evi Gravitiani, S.E., M.Si.
Penguji : 1. Prof. Dr. Yunastiti Purwaningsih, M.P.
2. Aulia Hapsari Juwita, S.E., M.E.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.