Penulis Utama : Mega Wandani
NIM / NIP : S411908024
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap turnover intention dan OCB yang dimediasi peran pemberdayaan psikologis dan komitmen afektif. Dilakukan di WS Warung Steak, penelitian ini melibatkan 121 peserta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian sensus. Pengambilan data menggunakan metode penyebaran kuesioner dan observasi. Untuk analisis penelitian ini menggunakan SEM-PLS dengan SmartPLS versi 3.0.

Temuan penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention. Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap perilaku OCB karyawan. Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif signifikan terhadap pemberdayaan psikologis. Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen afektif. Pemberdayaan psikologis berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku OCB karyawan. Pemberdayaan psikologis berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention. Komitmen afektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Perilaku OCB karyawan memiliki pengaruh negatif terhadap turnover intention. Pemberdayaan psikologis memediasi hubungan antara kepemimpinan transformasional pada OCB karyawan. Pemberdayaan psikologis telah terbukti memediasi pengaruh kepemimpinan transformasional pada niat berpindah. Komitmen afektif memediasi kepemimpinan transformasional dalam OCB.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka diajukan saran akademis sebagai berikut: (1) Penelitian selanjutnya diharapkan agar melakukan penelitian penelitian pada sektor yang lain seperti government sector, private sector atau small medium enterprise, (2) Pada penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi metode survey dengan melakukan wawancara langsung, (3) Pada penelitian selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan menggunakan desain survei longitudinal. Dengan demikian diharapkan hal ini dapat memberikan gambaran komprehensif tentang pengaruh kepemimpinan transformasional pada turnover intention dan OCB serta peran pemberdayaan psikologis dan komitmen afektif

×
Penulis Utama : Mega Wandani
Penulis Tambahan : 1. Dr Sinto Sunaryo, S.E., M.Si.
2.
NIM / NIP : S411908024
Tahun : 2022
Judul : PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA TURNOVER INTENTION dan OCB: PERAN MEDIASI PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS DAN KOMITMEN AFEKTIF
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2022
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Turnover Intention, Komitmen Afektif, Pemberdayaan Psikologis, Organizational Citizenship Behavior (OCB)
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr Sinto Sunaryo, S.E., M.Si.
Penguji : 1. Prof. Dr. Salamah Wahyuni, SU
2. Dr. Hidajat Hendarsjah, S.Si., M.M
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.