Penulis Utama : Lucia Triyananda Hayuningsih
NIM / NIP : D0218047
×

Perkembangan media sosial berdampak pada perubahan cara berkomunikasi dan menggeser piramida kekuasaan. Pemanfaatan media sosial harus dimaksimalkan oleh perusahaan atau merek untuk melakukan komunikasi pemasaran dengan target pasar mereja secara lebih efektif. Munculnya berbagai platform media sosial yang beragam karakteristik sehingga harus dimaksimalkan untuk melakukan komunikasi pemasaran. Twitter memiliki pengguna dengan ketertarikan pada skincare yang cukup tinggi namun tidak banyak merek skincare yang berhasil melakukan komunikasi pemasaran di Twitter. Namun Avoskin Beauty mampu menjadi merek skincare lokal dengan pengikut tertinggi di Twitter.

Penelitian ini ingin menelaah bagaimana aktivitas komunikasi pemasaran Avoskin Beauty di media sosial khususnya Twitter. Penelitian ini menggunakan teori aktivitas komunikasi pemasaran menurut Chatallas, M., Kramer, T., & Takada, H (periklanan, promosi penjualan, acara, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dan informan dalam penelitian ialah pengelola serta pengikut aktif akun @avoskinbeauty. ? Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam, studi dokumen, dan metode penelusuran data online. Pengambilan informan sebagai narasumber dilakukan atas dasar pertimbangan tertentu atau purposive sampling. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman meliputi tiga aktivitas, yakni: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Avoskin Beauty dalam melakukan komunikasi pemasaran selalu mengutamakan kualitas hubungan dan interaktivitas dalam setiap penyampaian pesan. Avoskin melakukan periklanan, promosi penjualan, pengadaan acara, hubungan masyarakat dan publikasi, serta penjualan personal melalui media sosial Twitter. Avoskin tidak melakukan aktivitas pemasaran langsung di Twitter karena lebih mengutamakan komunikasi softselling kepada para pengikutnya di Twitter. Komunikasi pemasaran Avoskin di Twitter mengutamakan kualitas hubungan agar tercipta pula loyalitas konsumen.

×
Penulis Utama : Lucia Triyananda Hayuningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0218047
Tahun : 2022
Judul : KOMUNIKASI PEMASARAN MEDIA SOSIAL(Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pemasaran Avoskin Beauty Skincare melalui Media Sosial Twitter)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Avoskin Beauty, Komunikasi pemasaran
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aryanto Budhy Sulihyantoro, M.Si
Penguji : 1. Tanti Hermawati, S.Sos., M.Si.
2. Chatarina Heny Dwi Suwarti, S.Sos.,M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.