Penulis Utama : Fitria Dwi Fatmawati
NIM / NIP : K2317030
×

Fitria Dwi Fatmawati. K2317030. Pembimbing I: Dra. Rini Budiharti, M.Pd. Pembimmbing II: Dr. Suharno, M.Si. PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA BERBASIS SAINTIFIK MENGGUNAKAN EXE-LEARNING V-2.5.1 PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2022.

Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) menjelaskan pengembangan modul elektornik fisika berbasis saintifik pada materi pemanasan global untuk SMA dan (2) menjelaskan kelayakan modul elektronik fisika berbasis saintifik pada materi pemanasan global untuk SMA. Modul elektronik sebagai salah satu sumber belajar dapat digunakan dalam belajar mandiri. Pendekatan saintifik mengarahkan siswa untuk aktif menemukan konsep pada proses pembelajaran. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang pada penelitian ini meliputi tahap analysis, desain, dan development. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan angket skala likert. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Sumber data penelitian adalah ahli bahasa, ahli materi, ahli media, guru fisika, serta siswa kelas XI dan XII MIPA. Penelitian dilakukan di SMA N 1 Boyolali, SMA N 2 Sukoharjo, dan SMA Batik 1 Surakarta. (1) Modul elektronik yang dikembangkan memiliki karakteristik dapat diakses secara online oleh peserta didik, menyajikan latihan soal yang bersifat interaktif, dan menyajikan video pembelajaran. (2) Hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata 99 memenuhi kriteria sangat baik, hasil validasi ahli bahasa diperoleh skor rata-rata 37 memenuhi kriteria sangat baik, hasil validasi ahli media diperoleh skor rata-rata 83 memenuhi kriteria baik. Hasil penilaian users diperoleh skor rata-rata 76,67 memenuhi kriteria sangat baik. Hasil uji coba satu-satu diperoleh skor rata-rata 53,67 memenuhi kriteria baik, hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 65,56 memenuhi kriteria sangat baik, hasil uji coba kelompok besar diperoleh skor rata-rata 62,63 memenuhi kriteria baik. Dengan demikian, modul elektronik ini layak untuk pembelajaran Fisika di SMA.

Kata kunci: modul elektronik, pemanasan global, pendekatan saintifik

 

×
Penulis Utama : Fitria Dwi Fatmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2317030
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Saintifik Menggunakan Exe-Learning V-2.5.1 pada Materi Pemanasan Global
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : modul elektronik, pemanasan global, pendekatan saintifik
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Rini Budiharti, M.Pd.
2. Dr. Suharno, M.Si.
Penguji : 1. Dra. Rini Budiharti, M.Pd.
2. Dr. Suharno, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.