Penulis Utama : Wanda Priasthi
NIM / NIP : K7118228
×

Wanda Priasthi. K7118228. ANALISIS SIKAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING PPKN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN (PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT SALSABILA 6 MAGETAN TAHUN AJARAN 2021/2022). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2022.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan sikap disiplin belajar peserta didik kelas IV SDIT Salsabila 6 Magetan selama pembelajaran daring PPKn materi hak dan kewajiban. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu rancangan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data primer dalam penelitian ini berupa hasil observasi dan wawancara kepada guru guru kelas IV, peserta didik dan orangtua kelas IV SDIT Salsabila 6 Magetan. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini berupa dokumen (foto dokumentasi selama pembelajaran daring, dan daftar kehadiran peserta didik). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan menggunakan bahan referensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ketaatan terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah, keaktifan dalam belajar, dan ketepatan dalam menyelesaikan tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn materi hak dan kewajiban dilaksanakan secara daring melalui Whatsapp dengan memanfaatkan media video pembelajaran dan voice note. Peserta didik telah menunjukkan ketaatan terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah sebagai wujud kewajiban belajar bagi peserta didik. Peserta didik belum menunjukkan keaktifannya selama belajar. Hal ini disebabkan oleh materi belajar yang mudah dipahami, faktor menurunnya semangat belajar saat daring, HP yang dibawa oleh orang tua, dan pembelajaran daring yang belum berorientasi pada peserta didik. Faktor tersebut juga mempengaruhi ketidaktepatan waktu peserta didik dalam menyelesaikan tugas.

×
Penulis Utama : Wanda Priasthi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118228
Tahun : 2023
Judul : Analisis Sikap Disiplin Belajar Peserta Didik selama Pembelajaran Daring PPKn Materi Hak dan Kewajiban (Pada Peserta Didik Kelas IV SDIT Salsabila 6 Magetan Tahun Ajaran 2021/2022)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Disiplin Belajar, Pembelajaran Daring, PPKn, Sekolah Dasar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hasan Mahfud, M.Pd
2. Dr. Matsuri, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si
2. Roy Ardiansyah, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.