Penulis Utama : Martina Sunaryo
NIM / NIP : S842008010
×

Martina Sunaryo. 2022. Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. Kopembimbing: Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa  Indonesia, Fakultas Keguruan dan  Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan kualitas proses pembelajaran dalam keterampilan menulis teks prosedur. (2) mendeskripsikan dan menjelaskan peningkatan  keterampilan menulis teks prosedur menggunakan media pembelajaran flipbook dengan pendekatan saintifik. Hal ini dilatarbelakangi karena  rendahnya keterampilan menulis teks prosedur.

Penelitian ini menggunakan metode classroom action research (penelitian tindakan kelas) dengan 2 siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan selama delapan bulan, dari bulan Agustus sampai dengan bulan Maret 2022 dan dilaksanakan di SMPN 22 Kota Jambi. Subjek penelitiannya yaitu guru bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VII G SMP Negeri 22 Kota Jambi yang berjumlah 28 peserta didik terdiri dari 12 perempuan dan 16 laki-laki. Teknik pengumpulan data terdiri dari teknik test dan non-test (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunkan triangulasi sumber data. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan peningkatan keberhasilan siswa dalam setiap siklus dan menghitung rata-rata untuk melihat nilai ketuntasan belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas pembelajarn menulis teks prosedur dari segi aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan. Peningkatan aktivitas guru dari aspek pembelajaran mengalami peningkatan hingga mencapai 100%. Aktivitas peserta didik dalam aspek keaktifan mendengarkan dan menerima penjelasan guru meningkat dari 32,1% di siklus I menjadi 78,5% pada siklus II.  Aspek menjawab dan mengajukan pertanyaan meningkat dari rerata 21,4% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II. Aspek kemampuan dalam diskusi meningkat dari rerata 28,6% pada siklus I menjadi 64,2% pada siklus II.  Aspek keaktifan dalam melaksanakan tugas meningkat dari 25% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Aspek mengikuti refleksi meningkatdari 32,1% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II;  (2) Hasil keterampilan  menulis teks prosedur siswa meningkat ditunjukan dengan adanya peningkatan pada nilai.  Nilai pada pratindakan diperoleh  persentase ketuntasan 10,7% dengan kategori kurang dengan nilai rata-rata 63,25. Siklus I nilai ketuntasan meningkat  menjadi 50% walaupun masih dengan  kategori kurang dengan nilai rata-rata 72,86.  Siklus II persentase ketuntasan  mencapai 100% kategori sangat baik, dengan  nilai rerata kelas yang dicapai yaitu 90,75. Media pembelajaran flipbook dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan menulis teks prosedur.

×
Penulis Utama : Martina Sunaryo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S842008010
Tahun : 2023
Judul : Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : media pembelajaran, flipbook, keterampilan menulis, teks prosedur
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr.Sarwiji Suwandi,M.Pd
2. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.
2. Dr. Edy Suryanto, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.