Penulis Utama : Kristiana Martha R
NIM / NIP : S032108009
×

Penelitan ini bertujuan: (1) mendeskripsikan ketersediaan media pembelajaran menulis teks prosedur di sekolah dasar; (2) menganalisis kebutuhan media pembelajaran Card Sort dengan konten gastronomi Madiun untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur; (3) mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran Card Sort dalam pembelajaran teks prosedur yang valid dan praktis; dan (4) membuktikan keefektifan hasil pengembangan media pembelajaran Card Sort dalam pembelajaran teks prosedur.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari guru dan peserta didik kelas IV di sekolah dasar di Kabupaten Madiun yaitu SDN Sukosari 02, SDN Banjarsari Kulon 02, SDN Banjarsari Wetan 01, SDN Banjarsari Wetan 02, SDN Prambon, dan SDN Mruwak 03 berjumlah 137 peserta didik. Teknik pengumpulan data: kuesioner, wawancara, observasi, dan tes. Teknik validitas instrumen dan media dilakukan oleh validator ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Teknik analisis data kuantitatif terdapat pada tahap pengujian produk menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji N-Gain Score. 
Hasil penelitian ini adalah: (1) ketersediaan media pembelajaran di SD Kabupaten Madiun masih menggunakan papan tulis dan buku teks; (2) pada aspek analisis kebutuhan diperoleh hasil adanya kebutuhan media pembelajaran yang berbasis ciri khas daerah yaitu Card Sort dengan konten gastronomi Madiun untuk pembelajaran teks prosedur; (3) pengembangan media pembelajaran Card Sort mengacu pada indikator kurikulum merdeka aspek media, materi, dan keterampilan menulis teks prosedur; (4) uji t menunjukkan thitung sebesar 5,025 sehingga H0 ditolak atau terdapat perbedaan keterampilan menulis teks prosedur antara kelas ekserimen dan kontrol yang signifikan dengan uji N-gain sebesar 42,31% dan 35,06% yang termasuk ke dalam kategori sedang dan menunjukkan penggunaan media pembelajaran Card Sort dengan konten gastronomi yang dikembangkan telah efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur peserta didik.
Kesimpulan dari penelitian ini: Terdapat peningkatan keterampilan menulis teks prosedur peserta didik kelas IV sekolah dasar melalui pengembangan media Card Sort dengan konten gastronomi Madiun. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bermanfaat sebagai bahan rujukan yang berkaitan dengan teori media card sort, gastronomi daerah dan materi teks prosedur.

 

×
Penulis Utama : Kristiana Martha R
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S032108009
Tahun : 2024
Judul : Pengembangan Media Card Sort dengan Konten Gastronomi Madiun untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Peserta Didik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : media pembelajaran, gastronomi, keterampilan menulis, teks prosedur.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Winarno, M.Si.
2. Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd.
Penguji : 1. Prof. Dr. Sri Marmoah, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Riyadi, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.