Penulis Utama : Nur Kusneini
NIM / NIP : K7118171
×

Nur Kusneini. MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI SUMBER IV  SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli  2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran daring, pelaksanaan pembelajaran daring, dan evaluasi pembelajaran daring di SD Negeri Sumber IV Surakarta.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sumber IV Surakarta. Data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dengan wali kelas I-VI SD Negeri Sumber IV Surakarta, hasil observasi proses pembelajaran, dan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi menggunakan sumber data. Hasil  penelitian ini bahwa manajemen pembelajaran di SD Negeri Sumber IV ini meliputi perencanaan pembelajaran dengan hasil bahwa perencanaan pembelajaran pada sekolah tersebut yaitu mempersiapkan perangkat pembelajaran diantaranya terdapat program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran, namun RPP masih kurang lengkap dalam bagian kegiatan pembelajaran. Bahan ajar juga disiapkan seperti buku paket dan video pembelajaran dari YouTube, media pembelajaran menggunakan media WhatsApp Group, Google Classroom, dan Google Meet. Pelaksanaan pembelajaran yang diawali dengan membuka pembelajaran dengan WhatsApp Group, menyapa peserta didik dan menyampaikan pembelajaran yang akan dilakukan, selanjutnya guru memaparkan materi dengan menggunakan WhatsApp Group, pada WhatsApp Group ada guru yang menggunakan tulisan dan juga voice note, selanjutnya pembelajaran yang dilakukan di Google Meet dilaksanakan dengan guru memaparkan langsung materi. Evaluasi pembelajaran yang yang dilaksanakan guru adalah dengan memantau peserta didik selama pembelajaran berlangsung, guru menilai juga dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu manajemen pembelajaran sudah dilakukan, namun masih perlu ada hal yang perlu dibenahi seperti penyusunan RPP.

×
Penulis Utama : Nur Kusneini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118171
Tahun : 2023
Judul : MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI SUMBER IV SURAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : pembelajaran daring, manajemen pembelajaran
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Marmoah, M.Pd
2. Hadiyah, S.Pd. M.Pd
Penguji : 1. Drs. Hasan Mahfud, M.Pd
2. Dra. Siti Istiyati, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.