Penulis Utama : Agif Ikball Galang Fauzi
NIM / NIP : K6418003
×

Agif Ikball Galang Fauzi. K6418003. INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PADA MENTIMETER UNTUK PENGUATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK (STUDI PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuat inovasi media Mentimeter sebagai media pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran dalam jaringan di SMA Negeri 1 Karanganyar, (2) mengukur efektivitas media Mentimeter sebagai media pembelajaran dalam jaringan yang digunakan pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Karanganyar, dan (3) mengetahui tingkat kelayakan media Mentimeter sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model teori pengembangan media ASSURE. Sumber data penelitian ini diperoleh dari informan, tempat dan peristiwa serta dokumen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuisioner (angket), tes dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan validasi dari ahli media dan ahli materi dengan model skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam (1) membuat inovasi media pembelajaran menggunakan model pengembangan ASSURE yakni Analyze learner characteristic, State standards and objectives, Select methods, media and materials, Utilize materials, Requires learner participation, Evaluate and revise yang menghasilkan Mentimeter sebagai media pembelajaran, (2) media mentimeter ini cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil tes yang didapatkan siswa awalnya 62 menjadi 91 dengan tingkat efektivitas relatifnya 38% (cukup efektif), dan untuk (3) tingkat kelayakan media Mentimeter oleh ahli media pada aspek pembelajaran 86% (sangat layak), aspek kemenarikan materi 78% (layak) dan aspek tampilan penggunaan media mendapat 80% (layak) serta untuk ahli materi dari aspek materi 78% (layak) dan aspek kebahasaan 84% (sangat layak). Rekomedasi dari penelitian ini untuk menginovasi media pembelajaran agar mengacu pada pembuatankisi-kisi materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

×
Penulis Utama : Agif Ikball Galang Fauzi
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : K6418003
Tahun : 2023
Judul : INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PADA MENTIMETER UNTUK PENGUATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK(STUDI PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA N 1 KARANGANYAR)
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Media Pembelajaran Video, Mentimeter, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, PPKn.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Wijianto, S.Pd., M.Sc
2. Dr. Winarno, S.Pd., M.Sc
Penguji : 1. Dr. Muh. Hendri Nuryadi, S.Pd., M.Sc
2. Widya Noventari, S.Pd., M.Sc
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.