Penulis Utama : Nida Azizah
NIM / NIP : K7118164
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan sikap sosial pada siswa kelas V dalam proses pembelajaran IPS secara tatap muka terbatas di SD Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini meliputi lima responden siswa dan satu guru kelas V B SD Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Analisis data menggunakan model analisis interaktif oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman sikap sosial pada siswa kelas V dalam proses pembelajaran IPS yang dilakukan dengan tatap muka terbatas di SD Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta, guru menanamkan melalui penerapan strategi pembelajaran dengan kegiatan rutin yang ditanamkan berupa; 1) kegiatan salam dengan guru sebelum masuk kelas, dan sebelum pulang sekolah. 2) menjadwalkan kegiatan piket kelas. 3) kegiatan baris berbaris sebelum masuk kelas. Kemudian kegiatan modelling yang ditanamkan berupa penerapan kegiatan 5 S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun). Kegiatan spontan dilakukan saat terlihat sikap yang kurang baik dari siswa, atau saat terjadinya suatu musibah. Tiap komponen pada RPP ditautkan guru dengan melaksanakan penanaman sikap sosial pada awal pembelajaran, inti pembelajaran, maupun akhir pembelajaran. Pada awal pembelajaran guru menanamkan sikap sosial melalui pelaksanaan apersepsi dengan memberikan nasihat yang dikaitkan pada materi pembelajaran sebelumnya. Kegiatan inti pembelajaran guru menanamkan sikap sosial pada siswa disesuaikan pada materi yang sedang dipelajari. Pada kegiatan akhir pembelajaran siswa diarahkan guru mengerjakan latihan soal sebagai evaluasi secara jujur. Kemudian siswa dibiasakan untuk mempersiapkan diri, serta merapikan meja dan kursi sebelum pulang yang mencerminkan penanaman sikap disiplin. Berdasarkan data yang telah didapatkan, analisis terkait bentuk penanaman sikap sosial rata-rata siswa kelas V B telah menunjukkan bentuk sikap sosial jujur, sopan santun, disiplin, toleransi, dan tolong menolong. Sehingga dapat diambil simpulan guru telah berperan penting dalam melaksanakan penanaman sikap sosial siswa pada proses pembelajaran IPS tatap muka terbatas di kelas V B.
Kata kunci: Penanaman sikap sosial, Ilmu Pengetahuan Sosial, pembelajaran tatap muka terbatas, sekolah dasar.

 

×
Penulis Utama : Nida Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118164
Tahun : 2023
Judul : Analisis Peran Guru Dalam Penanaman Sikap Sosial Siswa Pada Proses Pembelajaran IPS Tatap Muka Terbatas (Penelitian Kualitatif di Kelas V B SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Penanaman sikap sosial; Ilmu Pengetahuan Sosial; pembelajaran tatap muka terbatas; sekolah dasar.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M.Pd
2. Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd
Penguji : 1. Dra. Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti, M.Pd
2. Dr. Supianto, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.