Penulis Utama : Darwati
NIM / NIP : T871902001
×

Darwati, T871902001. 2022. Pengembangan Buku Teks Digital Sejarah Indonesia Melalui Pendekatan Tematik Saintifik untuk Meningkatkan Nasionalisme Peserta Didik, SMA se eks Karesidenan Semarang. Disertasi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. (Promotor: Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum., Ko Promotor 1: Prof. Dr. Leo Agung S. M.Pd, Ko Promotor 2: Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.)

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis isi buku teks Sejarah Indonesia yang digunakan di SMA Negeri Se eks Karesidenan Semarang dalam meningkatkan Nasionalisme peserta didik; (2) Merancang desain buku teks sejarah digital dengan pendekatan Tematik santifik untuk meningkatkan nasionalisme bagi peserta didik; (3) Mengevaluasi buku teks sejarah digital dengan pendekatan tematik saintifik untuk meningkatkan nasionalisme bagi peserta didik.

Penelitian dilaksanakan di lima (5) SMA  wilayah  eks-Karesidenan Semarang: SMA N 1 Tuntang di Kabupaten Semarang, SMA N 1 Kaliwungu di Kabupaten Kendal, SMA N 1 Sayung di Kabupaten Demak, SMA N 1 Salatiga di Kota Salatiga, dan SMA N 2 Semarang di Kota Semarang. Penelitian ini berfokus pada pengembangan buku teks digital melalui penggunaan metode pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan desain ADDIE. Penelitian didahului dengan melaksanakan identifikasi pembelajaran oleh guru sejarah di SMA Negeri se eks Karesidenan Semarang dalam pembelajaran. Kemudian pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kajian dokumen, serta angket. Analisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Setelah itu, penelitian menerapkan buku teks pada peserta didik SMA se eks Karesidenan Semarang, dan kemudian mengevaluasi buku teks hasil pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai nasionalisme peserta didik di SMA.

Penelitian ini menghasilkan beberapa pokok temuan utama. Pertama, pengembangan buku teks digital dengan pendekatan tematik saintifik menjadi kebutuhan bagi guru dan peserta didik. Ini karena sejauh ini belum ada buku teks yang dirancang khusus dengan pendekatan tematik saintifik dalam bentuk digital. Kedua, penelitian ini berhasil merancang dan menghasilkan buku teks sejarah yang disusun dengan pendekatan tematik saintifik dengan menekankan penguatan terhadap nasionaslime peserta didik dalam bentuk digital. Ketiga, Buku teks terbukti signifikan dalam meningkatkan nasionalisme peserta didik. Berdasarkan implementasi terbatas, luas, dan hasil eksperimen terdapat perbedaan nasionalisme antara peserta didik pengguna buku teks digital dengan peserta didik yang tidak memanfaatkan. Hal ini tampak dari nilai H Kruskal-Wallis secara simultan di empat SMA sebesar 104,635 yang bermakna signifikan secara statistik. Efektivitas buku teks masuk dalam kategori cukup efektif dengan persentase N gain sebesar 66,57%.

×
Penulis Utama : Darwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T871902001
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Buku Teks Digital Sejarah Indonesia Melalui Pendekatan Tematik Saintifik untuk Meningkatkan Nasionalisme Peserta Didik SMA Negeri se eks Karesidenan Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-3 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pengembangan; Buku Teks Digital; Nasionalisme Peserta Didik; Pendekatan Tematik Saintifik
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum.
2. Prof. Dr. Leo Agung S., M.Pd.
3. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Mardiyana, M.Si.
2. Dr. Djono, M.Pd.
3. Dr. Arif Purnomo, S.Pd., S.S., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.