Penulis Utama : Melisa Ayu Pratiwi
NIM / NIP : K6418040
×

Melisa Ayu Pratiwi. K6418040. STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2023

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa di SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar (2) mengetahui dampak strategi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap partisipasi belajar siswa di SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar.

Penelitian ini penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber datanya meliputi, wawancara dengan informan, observasi kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan dokumen (RPP, catatan kehadiran dan keaktifan siswa, dokumentasi foto kegiatan pembelajaran). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data dengan triangulasi sumber data dan triangulasi metode yang kemudian dianalisis menggunakan model analisis data interaktif.

Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa di SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar yaitu: a) guru memberikan motivasi kepada siswa berupa pujian, b) guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari secara langsung, c) guru mengingatkan kompetensi prasyarat dengan mengingatkan kembali materi lalu, d) guru memberi stimulus dengan menjelaskan konsep terlebih dahulu, e) guru memberikan petunjuk belajar, f) guru memunculkan aktivitas partisipasi siswa dengan memberikan pertanyaan dan mendampingi siswa dalam belajar, g) guru memberikan umpan balik dengan memberi ulasan atau komentar, h) guru memberikan tes berupa pre-test dan post-test, i) guru menyimpulkan secara bersama-sama dengan siswa materi yang telah dipelajari di akhir pembelajaran, j) guru menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab dan diskusi, k) guru menggunakan media pembelajaran berupa powerpoint, LCD, Handphone dan papan tulis. 2) Dampak strategi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap partisipasi belajar siswa menunjukkan adanya dampak berupa kehadiran dalam pembelajaran sekarang ini sebanyak 90-100% dan pada aspek bertanya, menanggapi maupun menjawab menjadi 45% partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

×
Penulis Utama : Melisa Ayu Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6418040
Tahun : 2023
Judul : Strategi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa di SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Strategi, Guru, Kewarganegaraan, Partisipasi, Belajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Erna Yuliandari, S.H., M.A.
2. Dr. Muhammad Hendri Nuryadi, S.Pd., M.Sc.
Penguji : 1. Dr. Triana Rejekiningsih, S.H., KN., M.Pd.
2. Raharjo, S.Pd., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.