Penulis Utama : Wijiasih
NIM / NIP : K1219087
×

Wijiasih. K1219087. Pembimbing I: Dr. Budhi Setiawan, M.Pd. Pembimbing II: Ari Suryawati Secio Chaesar, S.Pd., M.Pd. KONFLIK SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AUTOBIOGRAFI KISAH PERJUANGAN PENUH INSPIRASI TUKIRAN TANIREDJA KARYA TUKIRAN TANIREDJA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMK Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) bentuk konflik sosial dalam autobiografi Kisah Perjuangan Penuh Inspirasi Tukiran Taniredja Karya Tukiran Taniredja, (2) nilai pendidikan karakter dalam autobiografi Kisah Perjuangan Penuh Inspirasi Tukiran Taniredja Karya Tukiran Taniredja, (3) relevansi bentuk konflik sosial dan nilai pendidikan karakter dalam autobiografi Kisah Perjuangan Penuh Inspirasi Tukiran Taniredja Karya Tukiran Taniredja sebagai bahan ajar di SMK. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data penelitian ini adalah buku autobiografi Kisah Perjuangan Penuh Inspirasi Tukiran Taniredja Karya Tukiran Taniredja dan informan (guru bahasa Indonesia dan tiga siswa kelas X). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen dan wawancara secara mendalam terhadap informan. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data mengalir. Hasil penelitian ini (1) bentuk konflik sosial yang ditemukan dalam autobiografi Kisah Perjuangan Penuh Inspirasi Tukiran Taniredja Karya Tukiran Taniredja konflik individu, konflik antarindividu, konflik antaranggota dalam satu kelompok, konflik antarkelompok, konflik antarbagian dalam satu organisasi dan konflik antarorganisasi. (2) nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam buku autobiografi Kisah Perjuangan Penuh Inspirasi Tukiran Taniredja Anak Buruh Tani Meretas Jalan Menuju Guru Besar Karya Tukiran Taniredja, yaitu nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semagat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab, toleransi, cinta tanah air, cinta damai, dan  peduli lingkungan. (3) hasil temuan dalam buku autobiografi yang berjudul Kisah Perjuangan Penuh Inspirasi Tukiran Taniredja karya Tukiran Taniredja relevan dijadikan sebagai bahan ajar kelas X SMK.

 

×
Penulis Utama : Wijiasih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1219087
Tahun : 2023
Judul : KONFLIK SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AUTOBIOGRAFI KISAH PERJUANGAN PENUH INSPIRASI TUKIRAN TANIREDJA KARYA TUKIRAN TANIREDJA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMK
Edisi :
Imprint : Universitas Sebelas Maret Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: bentuk konflik sosial, nilai pendidikan karakter, autobiografi, bahan ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan
2. Ari Suryawati Secio Chaesar, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.