Penulis Utama : Maheswari Candraningtyas
NIM / NIP : H0819079
×

Sari buah jeruk kemasan siap minum dijadikan sebagai minuman pilihan untuk dikonsumsi dan mulai menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia terutama didaerah perkotaan seperti di Surakarta untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C. Daerah perkotaan cenderung memiliki aktivitas yang padat sehingga butuh kepraktisan dan keefisienan dalam pemenuhan kebutuhan sehingga memengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk sari buah jeruk siap minum. Sari buah jeruk kemasan siap minum merek Minute Maid Pulpy Orange masuk kedalam Top Brand Award dengan nilai yang berfluktuatif. Persaingan harga dengan produk serupa biasa terjadi di pasaran terutama didunia industri minuman. Para produsen perlu memiliki strategi dalam pemasaran seperti penguatan promosi untuk memenangkan pasar sehingga mampu menarik konsumen lebih banyak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh citra merek, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian sari buah jeruk kemasan siap minum merek Minute Maid Pulpy Orange di Surakarta.

Metode dasar yang digunakan yaitu metode deskriptif dan analitis. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja atau purposive dengan pertimbangan bahwa Kota Surakarta adalah daerah perkotaan yang padat penduduk. Selain itu, rata- rata pengeluaran per kapita sebulan komoditas makanan dan minuman jadi yang paling tinggi di daerah Solo Raya. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode convenience sampling. Jumlah sampel penelitian ini yaitu 100 responden. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan secara hybrid yaitu offline dengan menyebarkan angket kemudian melakukan wawancara secara langsung dan online melalui google forms yang disebarkan media sosial. Pengujian instrumen penelitian dan analisis data dilakukan dengan bantuan alat Micrsoft Exel dan software IBM SPSS Statistic 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek, promosi dan harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian merek Minute Maid Pulpy Orange di Surakarta dengan tingkat kepercayaan 99%. Variabel citra merek secara individu tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian merek Minute Maid Pulpy Orange di Surakarta dengan tingkat kepercayaan 95%. Sedangkan variabel harga dan promosi secara individu berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian merek Minute Maid Pulpy Orange di Surakarta dengan tingkat kepercayaan 95% dan 99%. Perusahaan PT. Coca-Cola Bottling Indonesia diharapkan mampu meningkatkan strategi pemasaran dengan memberikan harga yang tepat dan menambah promosi untuk menarik minta konsumen. Sekaligus, pemberian variasi rasa untuk meningkatkan citra merek produk. Konsumen perlu mencari tahu informasi bisa melalui konsumen yang lain atau mengikuti media sosial produk Minute Maid Pulpy Orange sebelum melakukan keputusan pembelian agar sesuai dengan kebutuhan.

×
Penulis Utama : Maheswari Candraningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0819079
Tahun : 2023
Judul : Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minute Maid Pulpy Orange di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2023
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Minute Maid Pulpy Orange, Analisis Regresi Linear Berganda, Citra Merek, Harga, Promosi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si.
2. Dr. Setyowati, S.P., M.P.
Penguji : 1. Dr. Ir. Heru Irianto, MM.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.