Penulis Utama : Fathia Qothrunnada Nurrohima
NIM / NIP : K7119084
×

Fathia Qothrunnada Nurrohima. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 2 KEBULUSAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2023.

            Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan langkah – langkah penerapan model PBL dengan multimedia, (2) meningkatkan hasil belajar IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan melalui model PBL dengan multimedia, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model PBL dengan multimedia.

            Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif bersama guru yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas VB SD Negeri 2 Kebulusan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non-tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi, observasi, dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah – langkah penerapan model Problem Based Learning dengan multimedia yaitu: (a) orientasi masalah dengan multimedia, (b) pengorganisasian untuk belajar dengan multimedia, (c) membimbing siswa melakukan penyelidikan, (d) mengembangkan dan menyajikan hasil diskusi, (e) analisis dan evaluasi dengan multimedia. (2) penerapan model Problem Based Learning dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang interaksi manusia dengan lingkungan pada siswa kelas VB SD Negeri 2 Kebulusan dibuktikan dari rata – rata ketuntasan siswa pada siklus I = 77,08%, siklus II = 83,33 %, siklus III = 91,67%. (3) kendala dalam pembelajaran yaitu: (a) diperlukan waktu lebih lama dalam pembagian kelompok, (b) siswa kurang akif dalam memberi tanggapan dan mengikuti jalannya diskusi, (c) siswa kurang aktif dalam memberi pertanyaan maupun menanggapi hasil presentasi yang lain dan (d) siswa yang belum berani bertanya dan menyampaikan pendapat. Adapun solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru mempersiapkan lebih awal tentang media yang dibutuhkan, (b) guru memotivasi siswa untuk aktif dan percaya diri dalam memberi tanggapan, (c) guru memberi motivasi dan stimulus kepada siswa untuk percaya diri untuk berpendapat, (d) guru memberi motivasi dan melatih kepercayaan siswa. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model Problem Based Learning dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan pada siswa kelas VB SD Negeri 2 Kebulusan tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Fathia Qothrunnada Nurrohima
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119084
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan pada Siswa Kelas VB di SD Negeri 2 Kebulusan Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Problem Based Learning dengan Multimedia, Hasil Belajar, IPS.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, M. Pd
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M. Pd
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M. Pd
2. Drs. Ngatman, M. Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.