Penulis Utama : Wintari Ningsih
NIM / NIP : S101908013
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan E-modul berbasis PBL untuk memberdayakan kemampuan pemecahan masalah siswa; 2) menguji kevalidan E- modul berbasis PBL untuk memberdayakan kemampuan pemecahan masalah siswa; 3) menguji kepraktisan E-Modul berbasis PBL untuk memberdayakan kemampuan pemecahan masalah siswa; 4) menguji keefektifan E-Modul berbasis PBL untuk memberdayakan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan. Pengembangan yang dilakukan mengacu pada model pengembangan milik pengembangan 4-D milik Thiagarajan, dkk (1974) yang terdiri dari empat tahap utama, yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pada tahap define didapatkan tujuan pengembangan E-Modul berbasis PBL untuk memberdayakan kemampuan pemecahan masalah. Pada tahap design didapatkan karakteristik E- Modul berbasis PBL yang memiliki kekhususan menggunakan model PBL dan pada bagian materi E-Modul diorientasikan pada lingkungan sekitar. Pada tahap develop didapatkan hasil kevalidan dan kepraktisan E-Modul, hasil kevalidan dan kepraktisan menunjukkan bahwa E-Modul berbasis PBL dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat memberdayakan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Pada tahap disseminate dilakukan uji keefektifan dengan populasi siswa kelas X MIPA SMA Negeri Colomadu. Teknik pengambilan sampel yakni menggunakan cluster random sampling yang mengacu pada kelompok. Sampel penelitian yang digunakan peneliti yakni kelas X MIPA 5 dan X MIPA 6. Sampel yang digunakan berjumlah 70 siswa, dengan masing-masing kelompok terdiri dari 35 siswa. Didapatkan hasil uji keefektifan E-Modul berbasis PBL materi Ekosistem dinyatakan efektif untuk memberdayakan kemampuan pemecahan masalah siswa dibuktikan dengan hasil uji ANCOVA dengan nilai signifikansi 0,000 dan rata-rata nilai pascates tertinggi sebesar 490. setelah dilakukan uji keefektifan, penyebaran hasil produk dan penelitian dilakukan dengan melakukan publikasi artikel pada seminar internasional dan jurnal terakreditasi SINTA.

×
Penulis Utama : Wintari Ningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S101908013
Tahun : 2023
Judul : PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI LINGKUNGAN SEKITAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI EKOSISTEM PESERTA DIDIK SMA NEGERI COLOMADU
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Pendidikan Biologi - S101908013 - 2023
Kata Kunci : Kata Kunci: Pemecahan masalah, E-Modul, Lingkungan sekitar, PBL, Ekosistem
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd
2. Dr. Slamet Santosa, M.Si
Penguji : 1. Dr. Bowo Sugiharto, M.Pd
2. Dr. Puguh Karyanto, S.Si., M.Si., Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.